Pariwara
Kolaka Utara

52 Koperasi di Kolut tak Berkembang

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2018 ini, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) KOlaka Utara (Kolut), mengidentifikasi ada 189 koperasi yang ada di wilayahnya. 137 unit masih berstatus baik dan 52 lainnya perlu direvitalisasi. Kabid Kelembagaan, Pengawasan Koperasi dan UKM Dinas Koperasi Kolut, Misna Amir Muhammad, menjelaskan, 52 wadah tak sehat itu karena terkendala modal yang menipis.

“Perkembangan koperasi itu dilhat dari keaktifan anggotanya dan yang utama perputaran modal keuangan,” ujarnya, Senin (16/4). Misna mengaku, meski koperasi memiliki modal besar, namun manajemen dan keaktifan anggotanya tak konsisten, akan melemahkan wadah itu sendiri. Salah satu kreteria koperasi sehat jika intens melakukan rapat anggota tahunan (RAT). Rata-rata di Kolut masih dominan bergerak pada bidang koperasi simpan pinjam (KSP).

Ia mengaku, ada beberapa koperasi khususnya di Lasusua yang bisa dijadikan contoh oleh lembaga lain. Mereka bisa mempelajari pergerakan koperasi Amanah, Lasusua Sejati, Putra Bahari dan lainnya bisa jadi rujukan. Tahun ini ada empat koperasi yang mulai aktif usai mati suri diidentifikasi antara lain KSU Panca Bansala dan Sejahtera di Kecamatan Porehu. Dua lainnya terdapat di Kecamatan Wawo antara lain Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Gemar Menabung dan KPN SMK 1. “Sebelumnya tidak terpantau dan bergerak ilegal dari tinjauan hukum karena surat-suratnya belum lengkap. Tetapi tahun ini sudah diaktifkan,” pungkasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top