Pariwara
Buton Tengah

15 Koperasi di Buteng Dilatih Susun Laporan Keuangan

Siruddin

KENDARIPOS.CO.ID — Belasan koperasi aktif yang beroperasi di Buton Tengah (Buteng) akan diikutkan pada pelatihan penyusunan laporan keuangan yang diselenggarakan Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Rencananya, Dinas Koperasi Buteng akan mengutus lembaga yang sudah memiliki nomor induk koperasi. Kadis Koperasi Buteng, Siruddin, mengatakan, pelatihan akuntansi tersebut akan dilaksanakan dalam tiga gelombang dan masing-masing sebanyak lima koperasi sejak tanggal 18 April hingga 5 Mei 2018 mendatang. Saat ini pihaknya sementara melakukan verifikasi terhadap 75 koperasi yang sudah mengantongi nomor induk.

“Pasalnya, masalah penyusunan laporan keuangan ini menjadi kendala bagi koperasi yang aktif yang beroperasi di sini,” katanya, Senin (16/4). Dia menambahkan, 75 koperasi pemilik nomor induk tersebut belum ada yang menuntaskan laporan keuangannya. Padahal, beberapa bukan lalu pihaknya sudah menyampaikan agar memperhatikan persoalan itu. Pasalnya, hal tersebut juga menjadi salah satu syarat bagi koperasi yang ingin mendapat bantuan dari pusat.

“Syarat bagi koperasi yang memiliki nomor induk, untuk mendapat sertifikat adalah menyampaikan laporan keuangan mereka. Untuk 75 koperasi yang ada di Buteng belum ada yang menyerahkan laporannya kepada Kementerian Koperasi. Bahkan, ini sudah berlangsung dalam dua tahun terakhir. Kami selalu mengingatkan mereka untuk menuntaskan,” jelasnya.

Siruddin mengungkapkan, dengan mengantongi sertifikat maka data koperasi yang aktif tersimpan di kementerian. Koperasi bisa mengakses langsung berbagai bantuan yang ada di tingkat pusat. Peran Dinas Koperasi hanya mengarahkan dan mengawasi pengelolaan dan kegiatan di daerah. “Olehnya itu, ada beberapa koperasi aktif yang saat ini sedang menyusun laporan keuangannya. Kalau tidak dilakukan, mereka tak mendapat bantuan, meski memiliki NIK,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top