Pariwara
Metro Kendari

115 Jemaah Kendari Belum Lunasi Ongkos Haji, Tak Sehat JCH Langsung Dicoret

Suasana pemeriksaan jamaah haji Kota kendari. Dok/KP

KENDARIPOS.CO.ID — Pelunasan biaya haji sudah dimulai, Senin (16/4/2018). Khusus di Kota Kendari, tercatat masih ada 115 calon jemaah haji (JCH) belum lakukan pelunasan. Meski sudah dibuka, namun mereka belum bisa melunasi. Sebab, harus mengikuti screening kesehatan terlebih dahulu. Kalau dianggap tidak sehat, maka akan langsung dicoret alias tidak diikutkan dalam ibadah haji tahun ini.

Hal itu dibenarkan Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, Marwijid. Kata dia, pihaknya sudah menerima salinan SK dimulainya proses pelunasan biaya haji. “Hanya memang belum semua bisa lakukan pelunasan. Mereka harus menjalani pemeriksaan kesehatan tahap II,” kata Marwijid. Dia menambahkan, saat ini masih ada 115 JCH belum memeriksakan kesehatan tahap II. Surat keterangan kesehatan dibutuhkan saat melakukan pelunasan. “Tidak ada surat keterangan sehat, maka otomatis akan ditolak,” ujarnya.

Meski begitu, jemaah masih memiliki waktu cukup untuk memenuhi syarat pembayaran. Sebab pelunasan tahap I dibuka hingga 4 Mei 2018. Sementara untuk tahap II akan dibuka pada 16 Mei hingga 25 Mei nanti. “Tapi tahap II ini, khusus mereka yang masuk dalam porsi tambahan kuota atau jemaah pengganti, penggabungan suami istri dan lain-lain,” tambahnya.

Sementara bagi yang sudah mengantongi surat kesehatan, lanjut mantan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Puuwatu ini, mengimbau CJH segera melunasi BPIH di Bank Penerima Setoran (BPS) masing-masing. Setelah melakukan pelunasan nanti, CJH tinggal menunggu jadwal manasik dari Kemenag usai ramadan. “Tapi untuk mematangkan persiapan mental, jemaah harus aktif dalam manasik mandiri yang diadakan KUA masing-masing. Kalau secara umum pelaksanaannya nanti setelah ramadan,” terangnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top