Pariwara
Edukasi

Wujudkan Program Destinasi Pendidikan Islam Dunia, IAIN Kendari Genjot Pembangunan Infrastruktur

Dorong Percepatan Transformasi IAIN Kendari: Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Kemenag, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin A., meletakan batu pertama pembangunan Gedung Kuliah Terpadu IAIN Kendari yang didampingi Rektor Dr. H. Nur Alim, Kamis (12/4) lalu. Foto: Yusuf/ Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, mulai menggenjot pembangunan infrastruktur perkuliahan bagi mahasiswanya. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Kemenag, yang ingin menjadikan Indonesia sebagai destinasi studi Islam dunia. Untuk mendukung hal itu, Kamis (12/4) lalu, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung terpadu di IAIN Kendari.

Rektor IAIN Kendari, Dr. H Nur Alim mengatakan, pembangunan gedung kuliah terpadu, dilaksanakan dengan biaya dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dikucurkan Kemenag. Pasalnya sarana prasarana gedung perkuliahan merupakan menjadi etalase terdepan yang pertama dilihat dibanding aspek-aspek lainnya. Dengan infrastruktur yang terus ditingkatkan tentu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan tinggi, seperti IAIN Kendari.

“Kami merasa sangat yakin bisa mensejajarkan diri bahkan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain jika dana SBSN seperti bisa terus diberikan kedepannya. Pasalnya, nominal dana yang diberikan sangat besar, yakni senilai Rp 38 miliar. Gedung ini akan kami bangun dengan 49 ruang kuliah, empat ruang ujian, dua ruang dekanat, dua ruang administrasi dan satu ruang untuk radio kampus,” ungkapnya.

Selain meletakan batu pertama pembangunan gedung untuk fakultas syariah dan fakultas usluhudin, adab dan dakwah tersebut, pihaknya juga mememinta Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Kemenag, Prof. Dr. Phil. H Kamaruddin A, untuk meresmikan gedung perkuliahan pascasarjana. Gedung tersebut dibangun dengan menggunakan anggaran DIPA IAIN Kendari tahun 2017. Hanya saja, tidak disebutkan secara pasti jumlah anggaran yang digunakan. “Untuk gedung yang baru kami bangun ada empat ruang kuliah, satu ruang rapat dan administrasi dan satu aula mini,” ujarnya.

Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Kemenag, Prof. Dr. Phil. H Kamaruddin A, mengungkapkan, SBSN merupakan salah satu sumber pendanaan pembangunan pendidikan islam, selain APBN. Dana SBSN tersebut diberikan untuk mentransformasi infrastruktur kampus secara signifikan. sementara untuk pengembangan sumber daya manusia akan menggunakan APBN. Bahkan pihaknya berjanji kedepan pihaknya akan kembali mengucurkan SBSN untuk IAIN Kendari.

“Sebenarnya sumber anggaran SBSN ini merupakan tahun keempat diberikan untuk pendidikan tinggi islam, namun baru tahun ini IAIN Kendari memenuhi syarat untuk mendapatkan sumber dana pembangunan infrastruktur ini. Kami berharap bantuan ini bisa membantu percepatan transformasi IAIN Kendari agar lebih maju kedepannya. Hanya saja, selain infrastruktur, kita juga mesti mendorong kurikulum dan literatur yang berstandar internasional. Jadi meski kuliah di Kendari tapi rasa luar negeri,” tutupnya. (myu/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top