Pariwara
HEADLINE NEWS

Ribuan Jemaah Abu Tours Kendari Minta Uangnya Dikembalikan, Kemenag Bentuk Satgas Khusus

Dia menegaskan, pencabutan izin Abu Tours tidak lantas menggugurkan kewajiban manajemen Abu Tour untuk mengembalikan dana jemaah. ”Sehingga harus dikawal. Kami ikut mengawal,” ujarnya. Untuk diketahui, aset Abu Tours yang tersisa tidak cukup lagi untuk mengembalikan dana jemaah. Termasuk untuk memberangkatkan jemaah yang belum umrah. Kuasa Hukum Abu Tours Hendro Saryanto dan Kanon Armiyanto mengungkapkan, total dana biro perjalanan umrah milik Hamzah Mamba itu hanya tersisa Rp 2 miliar. Hendro mengungkapkan, aset Abu Tours dalam bentuk fisik seperti bangunan dan kendaraan hampir semuanya sudah dijaminkan ke bank atau pihak ketiga. Hasil dari penjaminan tersebut dipergunakan untuk membeli tiket dan pembayaran akomodasi seperti hotel. ”Kalau keuangannya, kemarin tinggal Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar di kas. Tidak ada lagi,” kata Hendro.

Kanon menambahkan, Abu Tours sudah tidak punya kemampuan lagi memberangkatkan jemaah umrah. Total jemaah Abu Tours yang belum berangkat bukan 86.720 orang, tapi 96.504 jemaah. Sedangkan total dana yang sudah disetor ke Abu Tours mencapai Rp 1,4 triliun. ”Bukan Rp 1,8 triliun,” ungkap dia.

Dia berharap pemerintah punya kebijakan untuk memperhatikan nasib jemaah yang belum berangkat. Apalagi setelah izin Abu Tours dicabut itu mereka pun kebingungan untuk memberangkatkan jemaah. Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, pemerintah tidak akan lepas tangan atas masalah itu. Dia mengatakan, sebelum masalah itu tuntas, sejumlah travel akan dimoratorium izinnya. (b/ely/ade/jpg)

2 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top