Pariwara
HEADLINE NEWS

Ribuan Jemaah Abu Tours Kendari Minta Uangnya Dikembalikan, Kemenag Bentuk Satgas Khusus

Polda Sulsel resmi menetapkan CEO Abu Tours, Hamzah Mamba sebagai tersangka terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan ribuan jemaah umrah di Indonesia. Foto : Dok/KP

KENDARIPOS.CO.ID — Nasib jemaah Abu Tours hingga kini masih belum jelas. Khusus di Sulawesi Tenggara (Sultra), ada 2.300 jemaah yang mengharapkan uang mereka kembali. “Kami ingin uang kami dikembalikan,” ujar salah seorang jemaah yang batal diberangkatkan ke tanah suci, kepada Kendari Pos. Sejauh ini, sudah hampir seratus orang yang melapor ke Polda Sultra, mereka mengharapkan ada solusi.

Sementara, Kementerian Agama (Kemenag) Sultra juga tidak tinggal diam. Sejak kasus ini mencuat, lembaga yang dinakhodai Abdul Kadir ini sudah beberapa kali memanggil pimpinan Abu Tours. “Kami sudah panggil mereka (Abu Tours,red) dan berjanji akan selesaikan masalah ini. Tapi kalau tidak ada perkembangan, kita cari alternatif lain. Kami terus koordinasi dengan pusat,” ungkap Abdul Kadir, Minggu (15/4/2018)

Masalah Abu Tours memang bukan hanya domain Kemenag Sultra. Sebab, ini sudah menjadi polemik secara nasional. Makanya, Kemenag pusat membentuk satgas khusus untuk mengurus masalah ini. “Kami akan bentuk satgas khusus bersama kementerian lain untuk mengawal masalah ini. Minimal untuk mengidentifikasi korban dan mencarikan solusinya,” kata Nizar Ali, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Kata dia, korban dibagi menjadi empat golongan. Golongan pertama yang harus berangkat dan mau membayar kekurangan. Golongan kedua yang mau berangkat tapi tidak mau membayar lagi,” jelasnya. Selanjutnya, golongan lainnya adalah yang meminta uangnya kembali dan keempat adalah yang mengiklaskan.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top