Pariwara
Metro Kendari

Penerimaan Zakat PNS Pemkot Berkurang, Triwulan Pertama Terkumpul Rp 180 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan zakat profesi lingkup pemerintah kota (Pemkot) Kendari menurun sejak awal 2018. Jika tahun-tahun sebelumnya, Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Kendari bisa mengumpulkan rata-rata Rp 230 juta-an tiap tiga bulan, tahun ini menurun drastis. Catatan Baznas, dalam triwulan pertama 2018 ini, hanya mengumpulkan Rp 180 juta-an.

Angka itu jelas mempengaruhi jumlah yang akan diterima warga miskin sebagai sasaran zakat pegawai negeri sipil (PNS). Hal itu diakui Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Dirinya sudah mengecek langsung perkembangan penerimaan zakat aparaturnya itu. “Secara jumlah memang terlihat ada penurunan. Saya sudah cek ternyata angkanya hanya begitu (Rp 180 jutaan). Setelah saya telusuri, ternyata bukan karena partisipasi PNS-nya yang berkurang, tapi ada faktor lain,” ungkap Sulkarnain, kepada Kendari Pos, Minggu (15/4/2018).

Dia menambahkan, hal yang membuat realisasi zakat berkurang adalah kepindahan guru SMA ke Pemprov Sultra yang berjumlah ribuan guru. “Guru SMA selama ini cukup aktif membayar zakat. Makanya, ketika mereka pindah, ikut mempengaruhi,” jelasnya. Pastisipasi PNS kata dia justru meningkat, tetapi belum signifikan. Artinya, orang yang belum bayar zakat tahun lalu, mulai membayar tahun ini. “Secara partisipasi sudah meningkat,” ujarnya.

Kendati begitu, lanjut mantan anggota DPRD Kota Kendari ini, potensi zakat dengan realisasi zakat itu masih terjadi kesenjangan cukup jauh. Setiap triwulan, harusnya Pemkot bisa mengumpulkan lebih dari Rp 1 miliar dari potongan 2,5 persen gaji pegawainya. Olehnya itu, dirinya mengimbau semua untuk lebih sadar zakat. “Kita berharap terus meningkat, biar semakin banyak yang dibantu,” imbuhnya. (b/ely)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top