Pariwara
Metro Kendari

OPD Predikat Rapor Merah, Plt Wali Kota Kendari Gelar Sidak

Sulkarnain

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota Kendari masih berpredikat rapor merah khususnya dinas atau badan yang bersentuhan langsung dengan pelayanan pada masyarakat. Rapor merah itu disematkan oleh Ombudsman RI pada penilaian kepatuhan standar pelayanan publik kepada 13 OPD di Kota Kendari beberapa waktu lalu. Sebagai reaksi dari predikat itu, Plt. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berkomitmen akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada seluruh OPD yang ada, bukan hanya 13 dinas dimaksud.

Pasangan Adriatma Dwi Putra ini sudah mengawalinya dengan mendatangi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Kendari dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari pada Jumat (13/4). “Sidak ini akan terus berjalan ke semua OPD, guna melihat langsung kondisi lapangan, bagaimana tingkat kualitas pelayanan publik sebenarnya,” kata Sulkarnain, kepada Kendari Pos.

Disebutkannya, ada enam indikator prioritas dalam penilaian kepatuhan instansi itu. Pertama, Kebijakan Pemerintah, Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, Sistim Informasi, Sistim Pengaduan dan Inovasi Pelayanan. “Semua indikator ini, jangan dipenuhi karena alasan mengejar penilaiannya. Lakukan bermanfaat buat kita, Insya Allah kalau kita ikhlas melayani, ibadah nilai terbesarnya,” terangnya.

Dalam hal pelayanan publik kata dia, semua OPD harus maksimal. Hal paling utama adalah adalah bagaimana menyambut setiap warga yang membutuhkan pelayanan dengan baik. Contoh, kesan pertama dimaksud misalnya soal penataan parkir di DiSdukcapil yang masih semrawut. “Masalah parkir tolong dirapikan, diatur agar orang lebih nyaman, minimal kalau orang datang ada yang sambut biar lebih tertata,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua DPD PKS ini mengajak semua pegawainya, utamanya mereka yang bertugas diinstansi pelayanan publik untuk bekerja sama mengubah mindset masyarakat. Selama ini masyarakat menilai berurusan dengan kantor pemerintahan itu ribet. “Mindset ini yang harus dirubah. Caranya melalui pelayanan yang lebih ramah, santun, dan efektif,” pungkasnya. (b/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top