Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Jelang Ramadan 1439 H, Dirjen Kemendag Pantau Bahan Pokok di Kendari

Hj. Siti Saleha

KENDARIPOS.CO.ID — Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Untuk memastikan ketersediaan bahan pokok jelang datangnya bulan suci Umat Islam tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan berkunjung ke Kota kendari, hari ini (16/4).

Kadis Perindag Sultra, Hj. Siti Saleha, SE., M.Si., mengatakan, rombongan Dirjen PEN Kemendag akan ke Kota Kendari, Senin (16/4). Tujuan kedatangannya, untuk memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah.
“Ibu Dirjen dan rombongan akan berkunjung ke Kendari. Tiba senin 16 April 2018. Tujuan kedatangan ibu dirjen, untuk memastikan stok bahan pokok tersedia, mengingat Bulan Ramadan sebentar lagi akan menyapa kita. Di samping itu juga untuk memastikan apakah stok yang ada, akan cukup hingga Idul Fitri tiba” katanya, pekan lalu.

Dia menjelaskan, saat mendarat, Dirjen akan langsung berkunjung ke Hypermart sebagai salah satu supermarket terbesar di Sultra, yang menyediakan bahan pokok terlengkap. “Ini penugasan Mendag, untuk semua eselon I. Makanya, agenda sudah terjadwal, kemana saja ibu Dirjen akan berkunjung. Tempat yang akan dikunjungi diantaranya Hypermart, gudang bulog, pasar basah Mandonga dan pelabuhan nusantara. Setelah itu, keesokan harinya barulah akan dilaksanakan rapat koordinasi dengan semua instansi yang tempatnya di Horison Hotel. Dirjen akan ada di Kendari selama dua hari,” jelasnya.

Kabid Dalam Negeri Disperindag sultra, Ir. Muhammad Ali, M.Si, menambahkan, Dirjen PEN Kemendag akan memimpin rapat koordinasi daerah, terkait stabilitasi bahan pokok jelang puasa dan lebaran. untuk memastikan kestabilan harga dan ketersediaan barang pokok. Kita kan punya reguasi Mendag nomor 57 tahun 2018, tentang harga eceran tertinggi beras medium dan beras premium. Itu yang salah satunya ingin diketahui ibu Dirjen,” ujarnya.

Ali menjelaskan, HET beras medium sebesar Rp.9.450 perkilo gram. Beras premium Rp.12.800 perkilo gram.
“Harga beras medium di pasaran masih di atas HET yakni Rp.10.300 perkilo gram. Kalau premium nda masalah, karena rata-rata masih dikonsumsi. Premium kan untuk kelas menengah ke atas. Kalau medium, kelas menengah ke bawah. Beras ini merupakan, penyumbang inflasi yang besar. Bobotnya besar, sehingga kalau naik harganya berpengaruh pada terjadinya inflasi,” tutupnya. (Ind/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top