Pariwara
Metro Kendari

Baru Tujuh Daerah Terapkan Transanksi Nontunai di Sultra

Ilustrasi non tunai

KENDARIPOS.CO.ID — Sistim transaksi nontunai sudah resmi diaplikasikan di seluruh daerah dan lembaga pemerintahan. Itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 230 tahun 2016. Sejak Januari 2018, sistim itu seharusnya sudah diterapkan dalam setiap pengelolaan keuangan. Namun hingga April, baru tujuh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimplementasikan transaksi noncash tersebut.

Tujuh daerah dimaksud, yakni Kabupaten Buton, Kolaka, Konawe Selatan, Buton Tengah, Muna Barat, Kota Kendari dan Kota Baubau. Hal itu disampaikan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin, saat memimpin kegiatan sosialisasi Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) di Plaza Inn Kendari. Dia menegaskan, transaksi nontunai sudah menjadi kewajiban setiap daerah saat ini.

“Kalau saat ini belum siap, maka harus belajar terus sampai siap secepatnya. Inilah yang menjadi perhatian kita semua, dalam rangka memperbaiki tata kelola keuangan daerah,” katanya. Pria berdarah Muna itu menyebut, selain di Sultra, masih ada juga beberapa daerah di Indonesia yang masih terkendala dalam transaksi modern itu. Dari total 451 kabupaten/ kota yang ada, 9 persen yang masih terus didampingi pemerintah guna membantu kesiapan implementasi nontunai tersebut.

Sementara itu, Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Hj. Isma mendesak 10 daerah yang belum menggunakan nontunai untuk segera mempercepat kesiapannya. “Kami mendorong dan membantu memfasilitasi pemerintah kabupaten/kota. Ini penting supaya pengelolaan keuangan daerah optimal,” jelasnya. Dirinya minta supaya Pemkab Konawe, Konawe Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Bombana, Konawe Kepulauan, Muna, Buton Utara, Buton Selatan dan Wakatobi jangan merasa terlalu “nyaman” dengan transaksi tunai saat ini. Sebab, nontunai memilih multimanfaat yang membantu pemerintah lebih transparan dan efektif dalam mengelola keuangan daerah. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top