Pariwara
Kolaka Timur

ADD di Koltim Tahap I Mulai Cair

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — 117 desa di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mulai menikmati pencairan alokasi dana desa (ADD). Bantuan dari pemerintah daerah dicairkan sebanyak 25 persen untuk tahap pertama. Diketahui pencairan ADD dibagi menjadi empat tahap, masing-masing 25 persen. Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, mulai memproses laporan pertanggungjawaban (LPj) APBDes tahun 2017 lalu. Sebab syarat untuk pencairan ADD tahap I memang harus menuntaskan LPj tahun sebelumnya dan diproses pihak Inspektorat Koltim. Kepala DPMD Koltim, Hanarudin, mengatakan, ADD tahun ini dialokasikan sebesar Rp 40 miliar.

“Tahap pertama ADD tahun ini sudah mulai dicairkan oleh pihak kepala desa. DPMD menyiapkan persyaratan administrasi, Inspektorat memeriksa LPJ dan selanjutnya Badan Keuangan Daerah memproses pencairan. Dalam peraturan bupati, pembayaran dilakukan nontunai dari keuangan daerah ke rekening desa. “Mulai awal pekan lalu, sudah ada desa yang menerima uang ADD. Kalau desa yang ingin mencairkan ADD, LPj harus harus tuntas dengan melampirkan bebas temuan dari Inspektorat,” kata mantan Camat Mowewe itu, Minggu (15/4).

Hanarudin juga menambahkan, dana desa (DD) tahap pertama sebesar 20 persen juga telah dicairkan. Hanarudin mengklaim, proses pencairan DD dan ADD Koltim tercepat di Sultra. “ADD itu digunakan untuk pembayaran honor BPD, aparat desa dan belanja alat tulis kantor,” tandasnya, kemarin (15/4). (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top