Pariwara
Bombana

Rp 6 M Tata Tiga Destinasi di Bombana

Janariah

KENDARIPOS.CO.ID — Penataan sejumlah destinasi wisata potensial di Bombana masih menjadi prioritas pemerintah kabupaten (Pemkab). Tahun 2018 ini, Pemkab Bombana melalui Dinas Pariwisata menggelontorkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk meningkatkan potensi wisata tersebut. Kepala Dinas Pariwisata Bombana, Janariah, merinci, anggaran Rp 6 miliar tersebut digunakan untuk tiga potensi wisata, yakni Pulau Tangkeno di Kabaena, Pulau Kondo di Kecamatan Poleang Barat dan wisata Air Panas Tahiite di Kecamatan Rarowatu.

“Jadi anggaran tersebut kami bagi tiga untuk masing-masing objek tersebut. Di Tangkeno kami bangun home stay untuk memudahkan wisatawan mendapatkan fasilitas menginap. Pulau Kondo kami banyak bangun beberapa fasilitas penunjang seperti tempat ganti pakaian dan plang informasi,” paparnya, kamis (12/4).

Menurut Janariah, untuk objek wisata Tahiite, baru akan mulai dibuka. Lokasi wisata tersebut sangat dekat dengan perusahaan tambang emas dan sebelumnya masih banyak sengketa lahan di daerah tersebut. “Jadi untuk Tahiite kami baru legalkan. Karena sebelum resmi, kami tidak mau kelola. Allhamdulillah sudah kami selesaikan semua dan sekarang sudah mulai dibenahi,” paparnya.

Kadis Pariwisata juga menjelaskan, anggaran Rp 6 miliar tersebut tak sepenuhnya bersumber dari APBD, sebab ada juga dari APBN yang merupakan bantuan Kemnmterian Pariwisata, dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK). “Jadi DAU Rp 3 miliar dan DAK Rp 3 miliar. Anggaran tersebut telah berlangsung tiga tahun berturut-turut. Harapan kami, dengan peningkatan pariwisata tersebut dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung di Wonua Bombana. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tandasnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top