Pariwara
Politik

Rekap DPS Hasil Perbaikan Tak Temui Kendala

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memastikan proses pemutakhiran data pemilih berjalan sesuai tahapan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sultra turun melakukan monitoring perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra. Tidak hanya melakukan koordinasi dengan KPUD kabupaten/kota, namun memantau kerja-kerja panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Ketua KPUD Sultra, Hidayatullah mengatakan tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih Pilgub Sultra berjalan lancar. Bila tidak ada kendala, penetapan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat provinsi oleh KPU Sultra sesuai jadwal yang tertuang dalam PKPU nomor 2 tahun 2018 tentang perubahan PKPU nomor 1 tahun 2017. “Masih dalam proses pemutakhiran data. Jika sudah rampung, DPT akan kita umumkan. Namun saat ini masih proses rekap,” kata pria yang akrab disapa Dayat ini saat disambangi di kantor KPU Sultra, Kamis (12/4).

Proses rekapitulasi kata dia, telah sampai di tingkat kecamatan. Hasil perbaikan DPS dari tingkat Desa/Kelurahan yang diserahkan antara tanggal 8 s.d 10 April, kembali direkap panitia pemilihan kecamatan (PPK). Data yang direkap itu selanjutkan diserahkan ke KPU kabupaten/kota. “Hari ini (kamis 12/4), batas waktu penyerahan ke KPU kabupaten/kota,” kata mantan Ketua KNPI Sultra ini.

Setelah itu lanjut dia, rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kabupaten/kota akan ditetapkan sebagai DPT. Sesuai jadwal penetapannya, antara tanggal 13 – 19 April 2018. “Selanjutnya, kita rekap di tingkat provinsi mulai 20 – 21 April 2018. Terakhir, pengumuman DPT oleh PPS kita laksanakan pada tanggal 29 April,” ungkapnya.

Berdasarkan data, jumlah DPS Pilgub sebanyak 1.666.546 pemilih yang tersebar di 4.910 tempat pemungutan suara (TPS). Dari total jumlah pemilih DPS tersebut diatas masih terdapat pemilih potensial Non KTP-elektronik sebanyak 210.166 pemilih. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top