Pariwara
Politik

Gandeng Disdukcapil, KPU Koltim Identifikasi Pemilih

Ilustrasi KPU

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah pemilih tanpa kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) Kolaka Timur (Koltm) pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra cukup besar. Dari hasil pemutakhiran data pemilih, jumlah pemilih non KTP-el mencapai 14 ribu pemilih. Untuk mengatasi hal itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Koltim menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat melakukan identifikasi terhadap pemilih non KTP-el.

Komisioner KPUD Koltim, Asri Alam Andi Baso mengatakan proses pemutakhiran data pemilih telah masuk pleno rekapitulasi hasil perbaikan dan tanggapan masyarakat. Sesuai tahapan, pleno ditingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan mulai tanggal 13-19 April. Hasil pleno KPU inilah yang akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Koltim.

Dalam validasi data pemilih, KPUD Koltim turut melibatkan Disdukcapil. Hal ini tak lain untuk memastikan pemilih non KTP-el bisa menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni mendatang. Pada tahap perbaikan DPS, pihaknya masih menemukan pemilih yang identitasnya tidak lengkap. Untuk itulah, KPU berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk meneliti serta memberikan keterangan kepada KPUD Koltim.

“Kami akan identifikasi pemilih yang tak miliki data kependudukan. Penetapan DPT, dilakukan melalui rapat terbuka yang leibatkan berbagai unsur. Seperti Panwaslu, Pemerintah Daerah, Kesbangpol, kepolisian, Danramil dan lembaga lainnya,” katanya kamis (12/4).

Data pemilih lanjutnya, akan diiput dalam Sidali KPU RI. Bila datanya tak lengkap, secara otomtasi sistem akan menolak. Makanya, datanya harus lengkap. Jika tidak dituntaskan, maka warga bisa kehilangan hak suaranya pada Pilgub Sultra. Terkecuali warga tersebut masuk dalam surat rekomendasi kolektif yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Koltim.

Dikonfirmasi terpisah, Kadis Disdukcapil Koltim, Anwar Hamzah mengaku telah menerima data-data dari KPUD Koltim terkait DPS Koltim. Saat ini, dirinya bersama petugas dari Disdukcapil turun ke lapangan mengidentifikasi pemilih non KTP-el

“Saya dan pegawai Disdukcapil kerja siang dan malam. Terkadang kita lembur untuk memastikan warga bisa memilih. Kalau tidak ada datanya yang tidak jelas di server Disdukcapil, maka kita akan coret dari daftar tersebut. Kalau belum lengkap atau belum merekam tetapi dia adalah warga Koltim maka Capil akan mengeluarkan surat keterangan bahwa nama tersebut adalah warga Koltim dan bisa memilih,” ujar mantan Camat Poli-polia ini. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top