Pariwara
Konawe

25 Desa di Konawe Bersaing Menuju Level Provinsi

LOMBA DESA : Penyerahan piagam penghargaan pada desa yang mengikuti lomba tingkat Kabupaten Konawe tahun 2018, kamis (12/4). Helson Mandala Putera/ Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan di pelosok desa dan kelurahan, adalah melalui lomba. Saat ini tim penilai yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe, Sulwan Aboenawas, sedang melakukan pemantauan pada 25 desa dan empat kelurahan untuk dipilih menjadi duta daerah ke tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, awal Juni 2018 mendatang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Konawe, La Ode Ainda, mengatakan, tim penilai melibatkan unsur OPD terkait diantaranya Dinas Pendidikan Nasional, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Tim Penggerak PKK Konawe. “Penilaian ini telah dilakukan sejak 4 April sampai 21 April nanti. Semua desa dan kelurahan sangat antusias menyambut lomba ini, sebab ini juga tolak ukur daerah mereka sudah semakin berkembang,” terangnya, Kamis (12/4).

Secara umum ada tiga bidang penilaian berdasarkan Permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, yakni bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. “Nah, yang menjadi syarat tambahan penilaian adalah ketersediaan data profil desa dan kelurahan selama dua tahun terakhir, lalu Peraturan desa tentang RPJMDes, RKPDes serta APBDes. Semua itu akan menjadi bahan penilaian,” ungkapnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa memotivasi desa agar semakin cerdas dalam menata kelembagaannya lebih modern. Sehingga segala kemajuan pembangunan desa dan kelurahan dapat dengan mudah dievaluasi dan diukur. Sementara itu, Kepala Desa Lalonggowuna, Asmada, mengatakan, bahwa mereka telah melakukan berbagai persiapan mulai dari merapikan sistem administrasi pemerintah desa, sampai gotong royong membersihkan desa setiap pagi. “Setiap hari masyarakat bertanggungjawab dengan sampah di pekarangan masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, ada juga program desa untuk menjaga kebersihan desa, yakni setiap Jumat pagi seluruh masyarakat bersama Bhabinkamtibmas dan personel Rutan Tonguna melakukan kerja bakti. Ia mengaku optimis, desa yang dia pimpin bisa berkompetisi dengan desa lain, dan mengincar juara umum. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top