Pariwara
Bombana

Warga Keluhkan Kinerja BPN Bombana

BPN : Kondisi BPN Bombana yang kosong tanpa pelayanan, meski masih dalam jam kerja, kamis (12/4). Foto: Kamaruddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Kabupaten Bombana belum dirasakan masyarakat. Yang ada justru keluhan. Beberapa aspirasi terkait layanan pihak BPN di wilayah tersebut sudah disampaikan ke DPRD. Sayangnya, upaya pemanggilan untuk rapat koordinasi dengan lembaga vertikal tersebut, diabaikan.

Keluhan warga itu disampaikan Anggota DPRD, Anwar, saat ditemui di BPN Bombana untuk melakukan peninjauan langsung terhadap pelayanan yang ada. “Sudah terlalu banyak laporan yang kami dapatkan tentang BPN dan keluhannya sama semua, masalah pelayanan. Setelah saya lihat langsung, memang betul. Sekarang saja tidak ada pelayanan karena pegawainya entah ke mana. Meja pelayanan kosong, padahal ini jam kantor,” paparnya, Kamis (12/4).

Saat Anwar, bertanya pada salah satu staf BPN yang ada, diakui memang tak ada pelayanan karena petugas loket sedang berada di Kota Kendari. “Mereka ini kantornya di Bombana atau di Kendari. Saya heran dan ini yang membuat masyarakat sangat resah. Keberadaan BPN di Bombana untuk memudahkan masyarakat mengurus segala administrasi pertanahan. Tapi kalau seperti ini, bukan memudahkan,” sindir legislator itu.

Anggota DPRD Fraksi Nasdem tersebut juga membeberkan, bukan hanya pelayanan, namun indikasi adanya pungutan liar pada masyarakat yang akan mengurus alas hak tanah juga dikeluhkan. Bahkan masyarakat yang telah mengurus dari 2016 dan telah membayar dengan sejumlah uang pada oknum BPN hingga kini belum tuntas. “Setahu saya tidak boleh ada transaksi tunai di BPN. Tapi ini ada yang melapor pada saya. Ini harus menjadi perhatian pemerintah. Pihak BPN harus diberi teguran. Yang kami sayangkan, sudah beberapa kali dipanggil klarifikasi, tapi tidak digubris. Namun kami tetap akan melakukan pemanggilan. Cara terakhir, kami koordinasi dengan pihak kepolisian untuk bersama-sama menyelesaikan keluhan masyarakat ini,” ancamnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top