Pariwara
Wakatobi

Tiga Dokter Spesialis Beri Layanan Gratis di RSUD Wakatobi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Hadirnya empat dokter spesialis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi pada awal tahun lalu, memberi dampak positif bagi masyarakat. Meski bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wakatobi, namun beberapa dokter tersebut siap memberikan pelayanan gratis pada masyarakat Wakatobi khususnya di beberapa pulau.

Pelayanan secara gratis ini disebut sebagai dokter spesialis mobile yang akan disalurkan ke enam kecamatan di tiga pulau lainnya. Ada tiga dokter spesialis yang siap bertugas secara langsung di lapangan. Ada spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan obgyn. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi, Muliaddin, janji pemerintah untuk menghadirkan dokter spesialis di masing-masing pulau terjawab dengan hadirnya para dokter ahli tersebut.

“Sebenarnya tahun sebelumnya juga sudah dilakukan pada tiap-tiap pulau. Tahun ini juga kita akan lakukan hal yang sama. Apakah dimulai dari Kaledupa atau Binongko, nanti kita lihat jadwal. Rencananya tidak lama lagi para dokter itu akan turun lapangan,” ungkapnya, kemarin. Sementara untuk dua kecamatan di Pulau Wangiwangi bisa langsung ke RSUD Wakatobi. Khusus untuk pelayanan dokter spesialis mobile ini diperuntukkan bagi tiga pulau luar.

“Untuk mobile di pulau-pulau ini kita kerja sama dengan pihak RSUD Wakatobi lalu turun lapangan,” tambahnya. Muliaddin berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan momen tersebut. Jika ada pelayanan, warga sekitar boleh melakukan pemeriksaan secara gratis. “Alhamdulillah jika kita melihat animo masyarakat cukup tinggi. Kita berharap tahun ini juga bisa dinikmati pelayanannya,” tambahnya.

Direktur RSUD Wakatobi, dr. Munardi membenarkan hal ini. Pasca penandatanganan Momerandum Of Understanding (MoU) antara Kemenkes dan Pemkab pada 31 Januari lalu, empat dokter spesialis langsung bertugas di RSUD Wakatobi. “Mereka langsung memberikan pelayanan secara gratis. Namun, kembali lagi jika ada beberapa obat yang kehabisan di RSUD maka harus dibeli di luar oleh keluarga pasien,” jelasnya. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top