Pariwara
Nasional

Tak Penuhi Syarat Istitha’ah, 226 CJH Reguler Tak Bisa Berhaji

Suasana pemeriksaan jamaah haji Kota kendari. Dok/KP

KENDARIPOS.CO.ID — Screening kelayakan calon jamaah haji (CJH) dari sisi kesehatan diperketat. Data sementara Pusat Kesehatan Haji (Puskeshaj) Kemenkes menyebutkan, ada 226 CJH reguler dipastikan tidak bisa berhaji karena tak penuhi syarat istitha’ah (kemampuan) kesehatan. Selain itu, ada 800 lebih CJH dikategorikan tak penuhi syarat istitha’ah kesehatan untuk sementara.

Kepala Puskeshaj Kemenkes, Eka Yusuf Singka mengatakan, 226 orang CJH yang dinyatakan tidak berhaji itu tersebar di penjuru Indonesia. ’’Itu data per 11 April. Saya tidak hafal (dari provinsi mana saja),’’ katanya, Kamis (12/4/2018). Dia menjelaskan, ada beberapa faktor kesehatan yang membuat ratusan CJH itu dipastikan tidak bisa berhaji tahun ini. Seperti mengalami gagal jantung stadium 4 dan gagal ginjal dengan hemodialisis (cuci darah). Secara umum, penyakit berat yang bisa membuat CJH dinyatakan tidak bisa berhaji adalah gangguan jiwa berat, penyakit yang sulit atau tidak dapat mengalami penyembuhan, serta penyakit-penyakit lain yang membahayakan dirinya.

Sampai saat ini, Puskeshaj Kemenkes tidak menemukan ada upaya CJH yang memaksa tetap berangkat, walaupun sudah dinyatakan tidak layak. ’’Buat apa protes. Itu kan untuk kebaikan yang bersangkutan. Dan menurut syariat Islam, mereka sudah gugur kewajiban dalam berhaji,’’ jelasnya.
Dia berharap kepada CJH yang berangkat tahun ini, tetapi belum cek kesehatan, untuk segera melakukan. ’’Pemeriksaan kesehatan penting untuk jamaah sendiri,’’ tuturnya.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top