Pariwara
Kolaka

Tak Penuhi Syarat, 17 Desa di Kolaka Belum Terima ADD

ILUSTRASI

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan alokasi dana desa (ADD) triwulan I di Kabupaten Kolaka telah dimulai sejak Maret lalu. Namun, dari 100 desa yang terdapat di Bumi Mekongga itu, masih ada 17 wilayah yang hingga kini belum mendapatkan anggaran tersebut.

“17 desa itu belum kami berikan ADD karena tak menyetor APBDes dan laporan pertanggungjawaban (LPj) penggunaan ADD sebelumnya. Kami tidak akan memberikan sebelum mereka memenuhi persyaratan tersebut,” tegas Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Kolaka, Abdullah Badi, Kamis (12/4).

Mantan Kabid Retribusi Dispenda Kolaka tersebut menambahkan, LPj penggunaan ADD sebelumnya dan APBDes merupakan syarat utama dalam pencarian. Sebab kata dia, jika pencarian ADD dilakukan tanpa LPj dan APBDes, maka pihaknya dapat berurusan dengan hukum. “Bukan hanya kepala desa saja, tetapi kami juga bisa berurusan dengan hukum karena telah mencairkan ADD tanpa LPj,” ujarnya.

Abdullah Badi menjelaskan, ADD digunakan untuk biaya operasional aparat desa. Untuk itu, ia meminta aparatur desa segera menyetor LPj dan APBDes agar anggaran tersebut dapat segera diberikan. “Salah satu fungsi ADD yaitu untuk pembayaran honor aparat. Jadi, supaya cepat dibayar honornya maka segera setor LPj. Uangnya sudah ada, hanya kami tinggal menunggu persyaratan yang belum terpenuhi itu,” tukasnya. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top