Pariwara
HEADLINE NEWS

Tahun Ini Kuota CPNS Lulusan SMA 2.676 Orang, Usia Pendaftar Maksimal 23 Tahun

Seleksi Penerimaan CPNS (Dok/Kendari Pos)

KENDARIPOS.CO.ID — Lulusan SMA masih bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Asman Abnur mengungkapkan, tahun ini disiapkan sebanyak 2.676 formasi CPNS lewat jalur sekolah kedinasan.
“Tahun ini, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) menyediakan 2.676 formasi yang dibuka untuk pendidikan kedinasan perhubungan laut, udara, hingga perkeretaapian. Jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu, hanya 500 orang,” ungkap Menteri Asman, Kamis (12/4/2018).

Kata dia, sejak lama memang sudah meminta agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka penerimaan calon taruna/taruni (catar) sekolah kedinasan tahun akademik 2018/2019 dengan kuota jauh lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Tahun lalu jumlahnya kurang dari 500 catar untuk STTD, kini menjadi 2.676 formasi,” jelasnya.

Dia menyebutkan, jumlah tersebut dibagi ke dalam dua kelompok, yakno 1.988 formasi program studi pola pembibitan Kemenhub, dan 688 formasi program studi pola pembibitan pemda. Berdasarkan pengumuman penerimaan calon mahadiswa/taruna (Cama/Catar) sekolah kedinasan Kemenhub, terdapat 11 lembaga pendidikan yang dibuka. Tahun-tahun sebelumnya, hanya satu, yakni STTD yang masuk dalam pendidikan tinggi kedinasan. Sedangkan 10 lembaga pendidikan lainnya, memang sudah eksis, rekrutmen cama/catarnya dilakukan secara mandiri, dan lulusannya juga tidak dialokasikan untuk CPNS. Mereka dibebaskan melamar dan di swasta, karena biaya pendidikan selama kuliah tidak ditanggung negara.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top