Pariwara
Wakatobi

Wakatobi Tiga Kali Meraih WTP, Laporan Tetap Terlambat

AUDIT : Pertemuan antara Pemkab Wakatobi dan pihak BPK RI Perwakilan Sultra terkait pemeriksaan laporan keuangan tahun 2017, rabu (11/4). Foto: Asty Novalista/ Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (pemkab) Wakatobi patut berbangga telah meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam tata kelola keuangan dan aset, tiga kali berturut-turut. Prestasi ini juga membuahkan apresiasi dari pihak terkait, utamanya Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Sayangnya, meski tiga tahun menyabet penghargaan, bukan berarti tak ada permasalahan yang dihadapi.

Sebelum melakukan pemeriksaan laporan keuangan, pihak BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara ( Sultra) terlebih dulu melakukan koordinasi dengan pemerintah di otorita Bupati, H. Arhawi tersebut, Rabu (11/4). Dalam diskusi singkat itu, pihak BPK menyinggung masalah klasik yang terjadi di Pemkab Wakatobi yang seharusnya tak perlu terulang lagi. Pasalnya, laporan pemerintah, utamanya dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) sering mengalami keterlambatan.

Kendati tak memiliki dampak besar, namun berpengaruh dalam proses pemeriksaan pihak BPK. Apalagi waktu yang diberikan untuk menuntaskan audit sangat terbatas. Bahkan kini berkurang menjadi 30 hari saja. Sehingga BPK meminta agar masalah sebelumnya tidak terjadi lagi. Ketua Pemeriksaan BPK RI Perwakilan Sultra, Muh. Yasmin, mengungkapkan sebagai daerah yang telah meraih WTP tiga kali, seharusnya masalah-masalah tersebut tak terjadi lagi. Selain itu, perlu ada penguatan dalam laporan keuangan atau yang biasa dikenal SPJ.

Menanggapi masukan tersebut, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu, mengklaim, selama ini penyerahan laporan ke BPK selalu tepat waktu. Hanya yang mengalami keterlambatan sebelumnya menyangkut pendahuluan. Hal ini disebabkan karena dampak pergantian kepala OPD. “Karena setiap kepala OPD yang masuk di instansi itu harus mempelajari terlebih dahulu beberapa hal. Karena kita sudah punya pengalaman terkait keterlambatan pendahuluan sehingga tadi kita sudah berikan penekanan untuk meminimalisir hal ini,” ujarnya. Ia optimis, Pemkab Wakatobi tetap bisa mempertahankan WTP untuk pemeriksaan laporan keuangan tahun 2017 lalu. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top