Pariwara
Edukasi

Pertama di Sultra, SMKN 4 Kendari Helat USBK

Kualitasnya Mirip UNBK: Siswa SMKN 4 Kendari mengerjakan soal ujian semester bidang studi Matematika dengan sistem berbasis komputer di Laboratorium Komputer SMKN 4 Kendari, Rabu (11/4). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — SMKN 4 Kendari melaksanakan Ulangan Semester Berbasis Komputer (USBK) untuk siswa yang duduk kelas XI, sejak tanggal 9 hingga 17 April 2017 mendatang. Hal tersebut dilakukan untuk memperkenalkan kepada siswa sejak dini tentang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). SMKN 4 Kendari tercatat sebagai sekolah pertama di Sultra yang menerapkan USBK.

Salah seorang guru SMKN 4 Kendari, La Malino mengatakan, sebenarnya pelaksanaan USBK tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu. Namun saat itu, masih dilakukan sebagai tahap uji coba. Nanti tahun 2018 ini, proses ulangan yang terkomputerisasi tersebut diterapkan.

“Aplikasi yang digunakan dalam USBK ini merupakan karya guru SMKN 4 Kendari sendiri, yakni Halfis. Kami merupakan sekolah pertama di Sultra yang melaksanakan ulangan secara terkomputerisasi,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, proses pelaksanaan USBK tersebut menggunakan server Sinologi yang juga menjadi bank soal. Kemudian server tersebut akan mentransfer soal ke komputer yang digunakan siswa untuk ulangan secara acak. Proses pelaksanaannya, mirip dengan UNBK yang dilakukan secara nasional, beberapa waktu lalu.

“Siswa yang menjadi peserta USBK ini sebanyak 388 orang yang terbagi dalam empat shift, dimana setiap shift kurang lebih 18 siswa. Kami menggunakan enam laboratorium komputer, yang berjumlah 20 unit untuk setiap ruangan. Siswa XI yang menjadi peserta berasal dari semua jurusan,” jelasnya.

Kemudian, salah seorang siswa peserta USBK, Yulistianingsi Rahayu menuturkan, jika ulangan secara terkomputerisasi tersebut lebih seru dan lebih tenang dalam menjawab soal. Pasalnya, soal antara teman yang satu dengan teman lainnya tidak sama. “Kami merasa lebih nyaman dengan USBK. Apalagi semua soalnya juga pilihan ganda,” katanya.

Secara terpisah, Kepala SMKN 4 Kendari, H. Abd Rahman J Garusu menilai, pelaksanaan USBK tersebut lebih efektif dan efisien dibanding dengan ulangan menggunakan kertas. Selain itu, dengan sistem yang terkomputerisasi maka pihaknya dapat mengukur kemampuan individu siswa secara objektif. Apalagi, pihaknya memiliki fasilitas untuk melaksanakan hal tersebut. Selain itu, pihaknya juga bersedia berbagi ilmu jika ada sekolah yang ingin melaksanakan hal tersebut.

“Pelaksanaan USBK ini tidak hanya kami lakukan pada kelas XI namun juga akan kita terapkan pada kelas X. Hanya saja, kelas XI kita dahulukan karena akan segera melaksanakan praktek di industri. Sementara untuk kelas X akan mengikuti kalender pendidikan, yakni dilaksanakan pada Mei mendatang,” pungkasnya. (myu/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top