Pariwara
Politik

Perekrutan KPPS Konawe Hingga Akhir April

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Menjelang hari pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe terus mempersiapkan diri. Tidak hanya memastikan semua tahapan berjalan baik, KPUD juga melengkapi perangkatnya. Pada tanggal 5 April lalu, penyelenggara Pemilu mulai merekrut anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Untuk mengisi 428 tempat pemungutan suara, KPUD Konawe membutuhkan sebanyak 2.996 anggota KPPS.

Komisioner KPUD Konawe, Ulil Amrin mengatakan perekrutan KPPS akan dilakukan oleh panitia pemungutan suara (PPS) atas nama KPUD Konawe. Pertimbangannya PPS lebih mengenal para pendaftar yang juga warga di sekitar wilayah mereka. “Ada beberapa syarat wajib seperti tidak terlibat dengan partai politik (Parpol), sehingga anggota PPS sebagai sesama warga disana, pasti lebih tahu tentang para pendaftar,” terangnya rabu (11/4).

Koordinator Divisi Sosialisasi dan ADM KPUD Konawe mengatakan KPPS hanya akan bertugas selama dua bulan, Mei dan Juni. Makanya, bulan April ini proses perekrutannya harus rampung. Untuk menjadi KPPS, syaratnya hampir sama dengan PPS.

“Intinya, tidak menjadi anggota parpol yang dinyatakan surat pernyataan yang sah, paling kurang dalam jangka waktu 5 tahun tidak lagi menjadi anggota parpol yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus parpol yang bersangkutan. Harus berdomisili di wilayah kerja PPS, mampu jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika, pendidikan paling rendah SLTA,” ujarnya.

Selain itu, calon tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana 5 tahun atau lebih, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP, dan belum pernah menjabat 2 periode berturut-turut sebagai anggota KPPS,” jelasnya.

Ia berharap, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam Pilkada, baik sebagai peserta, maupun penyelenggara. “Untuk formulir bisa ambil di PPS, dan berkasnya juga diserahkan kesana. Semua tahapan dilaksanakan oleh PPS atas nama KPU,” pungkasnya.(b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top