Pariwara
Kolaka Utara

Pengunjung Perpustakaan Kolut Meningkat

MINAT BACA : Suasana di Perpusda Kolut yang nyaman bagi pengunjung. Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Fasilitas bangunan Perpustaakaan Daerah (Perpusda) Kolaka Utara (Kolut) yang nyaman dan memiliki aneka referensi, membuat banyak warga mendatangi “gudang” ilmi tersebut. Meski harus bersaing dengan kemajuan layanan dunia internet, jumlah pengunjung ke kantor itu, justru terus mengalami peningkatan setiap tahun.

Daftar jumlah pengunjung menunjukkan hingga awal April ini, seribuan warga Kolut khususnya dari kalangan pelajar dan mahasiswa bertandang ke sana. 2016 lalu perpustakaan setempat disambangi pembaca sebanyak 1.323 orang dan naik menjadi 2.308 pengunjung pada tahun 2017. Menurut Kepala Perpusda Kolut, I. Saddiah, tiga bulan terakhir pada 2018 ini jumlahnya juga tidak kalah banyak dan hampir setara dengan total setahun pada 2016 yakni sejumlah 1.203. “Ini baru tiga bulan terakhir ya. Kami berharap delapan bulan ke depan perpustakaan kami dikunjungi ribuan pembaca,” bebernya, Rabu (11/4).

Selain pengunjung mengaku merasa tenang dan nyaman membaca di Perpusda Kolut, juga karena literatur tersedia banyak. Total buku bacaan yang tersedia di sana tercatat sejumlah 31.049 examplar dengan 4.746 judul. “Setiap tahun ada upaya penambahan buku bacaan,” sambungnya. Rata-rata mereka yang bertandang ke sana merupakan kalangan pelajar, mahasiswa, guru dan juga pegawai kantoran. Jam padat pengunjung antara pukul 13.00 hingga pukul 16.00.

Untuk kalangan pelajar tingkat SD-SMA biasa datang perkelas berdasarkan permintaan pihak sekolah. Jika bukan datang sendiri, pihak Perpusda akan dikonfirmasi meminta antar jemput. “Kalau sekolah terdekat biasa datang sendiri dan yang di luar ibu kota terkadang ada yang minta dijemput dan kendaraan tersedia memenuhi permintaan itu,” tuturnya. Sementara itu untuk guru-guru atau pegawai kantoran yang memiliki waktu terbatas lantaran jam kerja, Perpusda Kolut menyiapkan waktu tambahan jam buka hingga Sabtu. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top