Pariwara
Wakatobi

Pelimpahan Wewenang Bupati Wakatobi ke Camat Dikaji

Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi sedang melakukan kajian terkait pelimpahan beberapa kewenangan bupati ke camat. Hal tersebut penting dilakukan agar dapat meningkatkan pelayanan. Selain itu, agar pihak kecamatan semakin dekat dengan masyarakat. Jika di daerah lain sudah ada yang merealisasikan hal ini, Pemkab Wakatobi memang baru pada tahap pengkajian.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi, mengungkapkan, jika nantinya kebijakan teraebut akan diterapkan di Wakatobi. Namun perlu melakukan kajian lebih dalam. “Jika sudah seusai rencana maka akan ditindaklanjuti dengan peraturan bupati (Perbup). Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan yang ada. Apalagi kalau saudara-saudara kita yang berada di Kaledupa, Tomia dan Binongko yang ingin mengurus administrasi atau buka usaha harus ada tanda tangan bupati,” paparnya, rabu (11/4).

Ketua KONI Wakatobi ini menyadari jika selama ini banyak warga yang harus menghabiskan materi dan tenaga hanya untuk meminta tanda tangan bupati di ibu kota kabupaten. Apalagi tidak selamanya saat berada di Wangi-wangi bisa dengan mudah bertemu dengan Wakatobi-1 ini. Pasalnya hampir setiap hari bupati juga memiliki jadwal padat. “Kasihan selama ini banyak yang ke kabupaten khususnya saudara kita di luar pulau. Mereka habiskan uang dan tenaganya hanya untuk menyelesaikan administrasi yang harus ditandatangani bupati. Kalau sudah ada pelimpahan kewenangan ke camat, tentu tak terlalu sulit lagi dan sekaligus menghemat,” bijak Arhawi. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top