Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Pelaku Retail Minim Dana, Bank BTN Kendari Akan Kucurkan Dana KUR Rp 2,6 Miliar

Branch Manager Bank BTN KC.Kendari, R.Bambang Hendro Tjahjo

KENDARIPOS.CO.ID — Bank BTN KC Kendari akan menyalurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 2,6 miliar per April 2018 ini. Sasaran penyaluran KUR yang merupakan program nasional tersebut, pelaku UMKM yang sesuai core business Bank BTN yakni menyasar pelaku usaha yang bidangnya lebih dekat dengan housing (perumahan-red) atau retail.

“KUR yang ada di kami itu, yang dekat dengan core bisnis kita, yang housing related. Ini yang berkaitan dengan bidang usaha perumahan, tapi bukan pengembang ya. Misalnya, yang punya usaha batu bata, batako, kusen atau penjual besi dll, itu sasaran kami. KUR itu kan ada dua, yang mikro dan retail, nah kami di retailnya. Karena tujuan kami, bagaimana membiayai yang bisa mendorong core business kita,” terang Branch Manager Bank BTN KC. Kendari, R. Bambang Hendro Tjahjo, rabu (11/4).

Menurut Bambang, KUR retail yang disasar oleh bank BTN, bertujuan untuk mendukung program sejuta rumah dari Presiden RI, Joko Widodo. Makanya, sasarannya lebih kepada mereka yang memiliki usaha terkait perumahan, namun minim modal.

“Housing related, adalah hal yang berkaitan dengan dukungan untuk perumahan. Kita sesuaikan omzet dan asetnya nanti, masuk kriteria UMKM apa nggak. Mereka ini minim modal. Nah, kita bicara feasible namun not bankable, memudahkan izinnya dan memperbesar usahanya. Dari aspek kebutuhan sendiri, harapannya kan dia bisa memperbesar volume penjualannya. Tapi untuk diketahui, di sini tidak termasuk pengembang ya (developer-red),” jelasnya.

Dia menjelaskan, penyaluran KUR akan dilakukan per April 2018 ini. Nilainya sebesar Rp.2,6 miliar untuk 2018. Proposal pengajuan sudah ada yang masuk dan kami tindaklanjuti segera. Beberapa proses pencairan, kata Bambang, sebenarnya akan dilakukan pada Maret 2018 lalu. Namun, atas permintaan debitur yang meminta waktunya diundur, maka penyalurannya baru akan dilakukan di bulan ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, kendati sasaran dari penyaluran dana tersebut untuk masyarakat atau pelaku usaha yang membutuhkan modal, namun bank BTN tidak ingin dalam posisi pasif. Sebaliknya, bank yang concern terhadap pengembangan usaha perumahan tersebut, justru jemput bola atau mencari nasabah atau debitur. Maksudnya, lanjut dia, untuk melihat langsung atau mengetahui, mana yang layak mendapatkan KUR tersebut.

“KUR di kita itu, ada juga untuk yang mikro. Walaupun dari kami tetap layani yang mikro, tapi kami prefer yang bidang usahanya housing related. Karena kami ada target program sejuta rumah. Jadi itu penopang agar tercapai ke arah sana (sejuta rumah-red),” tandasnya. (Ind/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top