Pariwara
Hukum & Kriminal

KPK Palsu di Bombana Hipnotis Oknum Kades, Penyidik Rampungkan Berkas Tersangka Pemeras

Kapolres Bombana, AKBP Andi Adnan Syafrudin (duduk, 2 dari kanan) didampingi Wakapolres Kompol Muhadi Walam menunjukkan tiga anggota KPK palsu (belakang, pakai masker) yang diduga memeras sejumlah kepala desa di Bombana. Foto : Dok/KP

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga oknum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) palsu diduga kerap menghipnotis korbannya saat beraksi. Salah seorang kepala desa (Kades) di Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, mengaku terhipnotis saat KPK palsu bertandang ke kediamannya, beberapa waktu lalu sehingga dengan mudahnya dia menyerahkan duitnya.

Oknum kades yang minta namanya tidak dikorankan itu mengaku saat tiga KPK gadungan, Arifin (47), Hamka (43) dan Asdar (28) menemuinya, bersikap kasar. Mereka berbicara dengan nada keras. “Mereka datang langsung menggertak, dan menuduh saya punya masalah besar yaitu penyalahgunaan dana desa (DD). Mereka ancam mau usut tuntas dan dia minta uang sama saya supaya tidak diusut,” tutur oknum kades tersebut saat ditemui di ibukota Bombana, Rabu (11/4/2018).

Para pelaku meminta uang sekira Rp 20 juta, namun kades mengaku tidak memiliki uang sebanyak itu. Sang kades mengaku hanya punya duit sekira Rp 5 juta. “Tanpa sadar, saya berikan uang Rp 5 juta. Setelah saya berikan uang lalu mereka pergi, barulah saya tersadar bahwa saya telah menyerahkan uang. Saya sempat kejar mereka tapi tidak dapat,” ungkap kades yang kembali mewanti-wanti koran ini tidak menuliskan namanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bombana, AKP Muh. Sofwan mengatakan praktik hipnotis itu salah satu aksi pelaku melakukan tindakan pemerasan dan penipuan. Saat ini, penyidik sedang merampungkan berkas penyidikan tiga KPK gadungan, Arifin, Hamka dan Asdar yang sudah ditahan di Mapolres Bombana. “Kalau masalah hipnotis mungkin salah satu trik mereka, dan itu tetap masuk dalam tindakan penipuan. Kami sudah kembangkan dan tidak ada indikasi tersangka baru dalam kasus penipuan dan pemerasan ini. Berkas penyidikannya sedang kami rampungkan,” ujar AKP Muh.Sofwan, kemarin. (kmr/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top