Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Melalui Registrasi NIK-KK, Telkomsel Tak Bisa Deteksi Kebocoran Data Pelanggan

Registrasi Prabayar: Ilustrasi registrasi kartu prabayar. Foto: Telkomsel for Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Perusahaan telekomunikasi di Indonesia, mewajibkan seluruh pelanggannya untuk melakukan registrasi kartu prabayar, menggunakan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Jika tidak, maka dapat dipastikan, nomor pelanggan akan terblokir otomatis jika tidak melakukan registrasi. Sayangnya, provider tak dapat menjamin kebocoran data pelanggannya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, mengatakan, dalam pelaksanaan registrasi prabayar, Telkomsel selalu berupaya mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku. Telkomsel, kata dia, meyakini bahwa registrasi prabayar akan menyehatkan industri dalam jangka panjang serta memberikan perlindungan kepada pelanggan. Tapi, salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia itu, tak bisa menjamin data pelanggannya.

Mengapa demikian? Menurut Adita, karena Telkomsel tidak memiliki atau kuasai data bahkan akses data pelanggan dengan NIK dan KK tersebut. “Kami menegaskan bahwa Telkomsel tidak memiliki atau menguasai data serta akses ke data pelanggan terkait NIK dan nomor KK,” katanya, rabu (11/4).

Dia melajutkan, selain tidak dapat mengakses data pelanggannya lewat registrasi menggunakan NIK dan nomor KK, Telkomsel juga tidak memiliki kemampuan mendeteksi jika terjadi penyalahgunaan identitas yang di pakai untuk registrasi simcard.

“Telkomsel akan melakukan pemblokiran sesuai dengan tata cara yang berlaku, jika mendapat laporan dari Dukcapil untuk nomor-nomor yang terbukti melakukan penyalahgunaan identitas saat di registrasi,” tutupnya. (Ind/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top