Pariwara
Kolaka Timur

Inspektorat Koltim Tuntas Usut Penyimpangan Uang Daerah

La Ode Ishak

KENDARIPOS.CO.ID — Temuan Inspektorat, sebagai tim internal auditor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Kolaka Timur (Koltim) dalam penggunaan anggaran di Badan Keuangan Daerah (BKD) pada tahun 2016 lalu, akhirnya dituntaskan. Pihak Inspektorat telah memanggil dua mantan Kepala BKD dan bendahara untuk mengklarifikasi temuan penyalahgunaan dana daerah tersebut.

“Alhamdulillah, mereka mengakui dan telah menyetor laporan pengeluaran keuangan itu pada Inspektorat,” kata Kepala Inspektorat Koltim, La Ode Ishak, rabu (11/4). Ia mengaku telah memanggil kedua mantan Kepala Badan Keuangan Daerah, Zainudin dan Sumiarno B, serta Bendahara tahun 2016, Basran. Ketiganya telah diproses dan mengklarifikasi serta dimintai pertanggungjawaban pengeluaran keuangan daerah. “Pihak Inspektorat hanya menyelamatkan uang negara saja dan kami sudah bekerja maksimal dalam masalah ini. Kas daerah hingga miliar rupiah tersebut sudah dipertanggungjawabkan dan tersisa sedikit saja yang harus mereka kembalikan ke Pemkab.

Ketiganya mengakui akan bertanggung jawab bahkan segara menandatangani surat keterangan tanggung jawab mutlak (SKTJM), apabila ada kerugian negara,” ungkap Laode Ishak.

Dia menambahkan, melalui majelis penuntutan perbendaharaan dan ganti rugi Pemkab Koltim, ketiga mengakui akan mengganti kerugian negara, baik melalui pemotongan gaji sebagai PNS maupun mengagunkan harta benda. “Kami mengapresiasi kedua mantan kepala badan dan bendahara yang proaktif datang melengkapi berkas dan ingin bertanggungjawab pada masalah ini,” tandas Ishak. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top