Pariwara
Edukasi

IAIN Kendari Siapkan 2.160 Kuota Maba

Dr. Husain Insawan

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2018 ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari akan menerima mahasiswa baru (Maba) sebanyak 2160 kursi sesuai kuota yang ditetapkan. Jumlah mahasiswa baru yang akan diterima tersebut diseleksi melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Ujian Masuk (UM) PTKIN. Kemudian seleksi jalur mandiri dan mandiri berprestasi.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan mengatakan, pendafataran seleksi SPAN PTKIN sudah berakhir yang dimulai tanggal 1 hingga 29 Maret 2018 lalu. Dari kuota 1080 untuk jalur prestasi tersebut, jumlah pendaftar sebanyak 3096 orang. Jurusan yang paling diminati adalah perbankan syariah, ekonomi syariah dan pendidikan agama islam. Rencana, pengumuman dilaksanakan tanggal 2 Mei 2018 dan pendaftaran ulang dilakukan tanggal 22 Mei 2018 mendatang.

“Untuk jalur SPAN ini kami menilai prestasi akademik calon mahasiswa dari prestasi akademik yang telah mereka capai saat dibangku SMA. Artinya, nilai rapor yang mereka dari kelas X hingga XII lampirkan akan kami periksa secara ketat untuk memastikan mereka yang lolos betul-betul berprestasi,” ungkapnya.

Kemudian untuk jalur UM PTKIN, IAIN Kendari akan menerima maba sebanyak 648 orang. Proses pendaftaran sudah dilakukan sejak tanggal 12 April hingga 8 Mei 2018 mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online malalui website. www.um-ptkin.ac.id. “Ini adalah website resmi pendaftaran UM PTKIN,” ujarnya.

Setelah itu, untuk jalur mandiri ada kuota sebanyak 432 yang disiapkan oleh IAIN Kendari. Rencana pendaftaran akan dilaksanakan tanggal 23 Mei hingga 17 Juli 2018 mendatang. Kalau jumlah kuota yang diseleksi melalui jalur itu tidak terpenuhi, maka akan dibuka jalur seleksi mandiri berprestasi.

“Jalur ini kami sediakan khusus untuk calon mahasiswa yang berprestasi dalam bidang non akademik, seperti olahraga dan seni. Dibuktikan dengan melampirkan sertifikat, baik tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional dengan prestasi pertama hingga ketiga,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, jumlah kuota kursi yang ditetapkan untuk IAIN Kendari pada tahun 2018 ini mengalami peningkatkan dari tahun sebelumnya. Kalau sebelumnya hanya sebanyak 1200 kursi yang diterima maka tahun ini sebanyak 2160 maba. Penambahan jumlah kuota tersebut dibarengi dengan penambahan jumlah ruangan dan tenaga pengajar.

“Untuk ruangan kabupaten sementara membangun gedung perkuliahan terpadu, yang sesuai target akan dituntaskan pada Desember tahun ini. Untuk tenaga pengajar, selain tambahan CPNS beberapa waktu, kami juga akan mengangkat dosen tetap non PNS,” tutupnya. (myu/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top