Pariwara
Bau-bau

Hado Minta Kadis Tuntaskan Temuan BPK

Hado Hasina

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menuntaskan tugasnya. Proses pemeriksaan pertanggungjawaban penggunaan keuangan daerah tahun anggaran 2017 yang dilakukan selama beberapa hari sudah dapat memberi gambaran. Itu seiring dengan terbitnya hasil pemeriksaan yang dilakukan, berupa temuan penggunaan duit negara yang tak sesuai ketentuan.

“Ada beberapa poin yang harus menjadi perhatian para kepala dinas (Kadis). Yaitu berkaitan dengan temuan BPK yang sudah ada. Hal ini agar menjadi perhatian serius untuk dapat diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan. Yaitu selama 60 hari,” tegas Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Hado Hasina saat ditemui, Rabu (11/4). Proses pemeriksaan BPK yang dilaksanakan sejak pertengahan Januari yang kemudian dilanjutkan pada awal April ini dilakukan melalui uji petik. Dengan melihat hal-hal bersifar material dalam pengelolaan keuangan daerah.

Tujuannya, untuk melihat akutabilitas dan transparansi penggunaan keuangan yang dilakukan penyelenggara pemerintahan di daerah itu.
“Tetapi dari temuan BPK tersebut memang tidak serta merta langsung diserahkan pada proses pidana. Ada waktu perbaikan yang diberikan. Misalkan ada penghematan dan kemahalan harga sampai Rp 100 juta. Maka yang bersangkutan diberi waktu sampai 60 hari untuk mengganti atau mengembalikan kemahalan tersebut. Kalau dengan waktu tersebut ternyata tak juga diganti, maka aparat hukum akan masuk. Jadi, ada proses administrasi dari perdata baru ke pidana,” terang Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra itu.

Sayangnya, Baubau-1 itu, tidak menyebutkan secara rinci temuan BPK. Ia hanya mengaku, temuan tersebut ada pada perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan pembangunan yang dilakukan. “Tetapi masih bisa dikembalikan. Semua masi bisa diatur administrasinya, karena pejabat yang bersangkutan bisa kita panggil untuk menyelesaikanya,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top