Pariwara
Hukum & Kriminal

Diduga Berbahaya dan Mengandung Merkuri, Polda Sultra Sita Kosmetik Tanpa Izin Edar

KENDARIPOS.CO.ID — Anak buah Direktur Ditreskrimsus Polda Sultra, AKBP Yandri Irsan sukses membongkar peredaran kosmetik tanpa izin edar. Bahkan, kuat dugaan ratusan kosmetik itu mengandung bahan berbahaya, sejenis merkuri. Ratusan kosmetik itu ditemukan di rumah seorang pria berinisial A di Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Polisi menggeledah rumah tersebut dan menemukan empat jenis kosmetik tanpa izin edar. Tim Ditreskrimsus Polda Sultra langsung mengamankan kosmetik sebagai barang bukti dan memeriksa pemiliknya. Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan adanya kosmetik tanpa izin edar. Menurut Kompol Dolfi, pengungkapan kosmetik yang diduga mengandung merkuri itu berawal dari laporan masyarakat. Ratusan produk kosmetik yang diduga ilegal tersebut diketahui tidak memilik izin dari BPOM. Produk yang diduga ilegal itu dapat dilihat dari kemasannya yang tidak tercantum izin dari Dinas Kesehatan maupun Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM). “Selanjutnya masih kami dalami. Kosmetiknya sementara kami amankan,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Rabu (11/4/2018).

Mantan Kapolsek Moramo, Konsel itu menuturkan usai mendapat informasi dan memastikan adanya kosmetik dalam rumah pria berinisial A, polisi mengamankan barang bukti. Polisi masih berkoordinasi dengan BPOM untuk menguji mutu dan kualitas produk kosmetik yang sebagian besar merupakan krim wajah dan kulit untuk wanita tersebut. Selain itu, penyidik juga akan menguji daftar izin edarnya. Kompol Dolfi menjelaskan untuk terduga pelaku pengedar kosmetik bernisial A masih terus didalami. “Masih diperiksa. Kami masih akan mengembangkan kasusnya. Utamanya, lokasi pembuatannya dan bagaimana peredarannya,” ungkap Kompol Dolfi. (ade/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top