Pariwara
Buton Utara

Aktivitas Galian C Ilegal Marak di Butur

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas penambangan galian C yang dilakukan secara ilegal marak terjadi di Kabupaten Buton Utara (Butur). Bukannya menambah pendapatan asli daerah (PAD), material galian yang kebanyakan digunakan untuk kegiatan proyek itu, mengancam kelestarian lingkungan jika tak segera dikendalikan dan ditertibkan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Butur mengaku, sudah memberikan peringatan agar para penambang melengkapi izin sebelum melakukan aktivitas galian C. Namun, belum diindahkan. Langkah tegas akan ditempuh organisasi perangkat daerah itu untuk menindak oknum tertentu.  “Dalam waktu dekat saya akan mengeluarkan surat edaran resmi untuk mewarning para penambang galian C. Sekaligus sebagai dasar untuk melakukan penindakan. Memang kesadaran masyarakat dalam mengurus perizinan galian C dan penambang pasir masih sangat kurang,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buton Utara, Tayeb, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/4).

Mantan Sekretaris Dinas Kebersihan itu mengakui, penindakan pelaku penambang galian C ilegal belum terlalu maksimal. Kendati demikian, pihaknya berjanji persoalan itu segera dituntaskan. “Dalam waktu dekat saya bersama tim DLH akan turun ke lapangan untuk menertibkan aktivitas penambangan galian C yang dilakukan secara ilegal. Apalagi mereka belum mengantongi izin,” tegasnya.

Tayeb menambahkan, aktivitas penambang harus diawasi. Salah satunya, harus mengantongi izin analisis mengenai dampak lingkungan. Sosialisasi pada masyarakat agar mengantongi izin sebelum melakukan aktivitas penambangan sudah dilakukan. “Namun, ada saja masyarakat yang apatis untuk melengkapi semua dokumen persyaratan sebelumnya melakukan penambangan. Ini tetap akan ditertibkan,” tandasnya. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top