Pariwara
Metro Kendari

Wow ! Event Halo Sultra Dikemas Lebih Spektakuler

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Syahruddin Nurdin

KENDARIPOS.CO.ID — Mulai tahun ini, Halo Sultra resmi masuk dalam kalender event tahunan di Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Perayaan hari jadi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu menjadi salah satu dari 100 event Wonderful Indonesia. Makanya, seremoni peringatan HUT ke- 54 tahun ini dikemas lebih spektakuker tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, Syahruddin Nurdin mengatakan, momentum kali ini akan sangat bermanfaat bagi Sultra. Pasalnya, semua keunggulan daerah ini akan dipromosikan ke luar negeri oleh Kemenpar. Apalagi sebagian besar anggarannya menjadi tanggungan APBN. “Biaya promosi itu sudah dibebankan pada DIPA APBN Kemenpar tahun 2018,” katanya. Lanjut dia, ada 117 negara yang menjadi sasaran promosi Halo Sultra itu. Dengan begitu, daerah bisa fokus pada pelaksaanaan kegiatan. “Tugas kita sekarang adalah memaksimalkan pelaksanaanya nanti,” jelasnya. Untuk pendanaan kegiatan tahunan itu, Pemprov Sultra sudah mengalokasikan anggaran Rp 1,2 miliar. Jumlah itu jauh lebih besar dibanding tahun lalu yang hanya Rp 300 juta.

Sementara, untuk jenis kegiatan mengisi sepekan perayaan itu lanjut Syahrudin, akan ada lomba foto internasinal, karnaval budaya nasional dan pemeran pembangunan yang melibatkan 17 kabupaten/kota. “Lomba foto sudah ada peserta dari 12 negara. Karnaval juga bisa diikuti daerah dari provinsi lain, masih banyak juga yang lain kita jadwalkan,” tambahnya. Sedangkan, Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi mengatakan persiapan Halo Sultra terus dimantapkan. Ia mengaku sudah beberapa kali memimpin rapat dengan jajarannya untuk mengevaluasi persiapan itu. “Persiapan jalan, MTQ sementara ditata, saya juga sudah mengundang dan meminta instansi vertikal untuk berpartsipasi. Insya Allah akan ikut serta, saya cek juga dipanitia katanya sudah banyak yang mendaftar untuk buka stand dipameran,” terangnya.

Kepala Badan Pengembangam Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri ini berharap, semua daerah di Sultra bisa berpartisipasi maksimal dalam event itu. Sultra akan ‘menjual’ semua potensinya mulai dari tenunan, kuliner khas hingga objek wisata yang belum dikenal luas tetapi memiliki potensi besar. “Pokoknya apa yang dimiliki harus kita perlihatkan. Ini momennya, saya selalu bilang ke OPD promosi itu harus banyak inovasinya. Itu yang harus kita lakukan,” tegasnya. Halo Sultra yang akan berlangsung 23 April hingga 27 April itu ditarget bisa mendatangakan lebih dari 100 ribu wisatawan, baik lokal nasional hingga mancanegara. Target itu dinilai realistis, sebab pada perayaan tahun lalu, Halo Sultra sukses mendatangkan 50 ribu wisatawan selama kegiatan. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top