Pariwara
Politik

Timses : Irawan-AJP Pasangan Tepat Pimpin Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Konawe seperti Indonesia mini. Ragam budaya, agama dan suku ada di daerah itu. Dari semua kandidat yang maju pilkada, Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra paling memperhatikan hal itu dalam visi dan misinya. Makanya, pasangan dengan akronim Berhijrah ini paling tepat memimpin Konawe. Pandangan itu disampaikan tim sukses yang juga juru bicara Berhijrah, Muhammad Hajar. Dia mengatakan, visi Berhijrah bukan hanya untuk menggaet simpati masyarakat, namun untuk melestarikan budaya dan menciptakan kerukunan antar umat beragama, dalam bingkai kemajemukan. Menurutnya, pada aspek keagamaan, akan dilakukan pemberdayaan masyarakat dari berbagai agama di Konawe.

“Berhijrah ingin semua agama hidup berdampingan dan saling mendukung. Makanya, dalam berbagai aspek juga akan disetarakan, kalau agama Islam ada masjid raya, nanti akan ada juga gereja raya, dan pura raya, dimana saudara seagama bisa berkumpul bersama,” ungkapnya, Selasa (10/4/2018).
Selain itu, keberadaan guru agama juga akan ditambah. Bukan hanya agama Islam, ada juga guru agama Kristen, dan Hindu. “Mungkin kedengaran biasa saja, tapi akan menunjukan bahwa semua agama di Konawe hidup harmonis, dan Berhijrah juga akan mendukung semua kegiatan keagamaan.

“Misalnya seperti kemarin umat Hindu menyambut nyepi ada Melasti, nantinya akan disiapkan lokasi khusus di mana umat Hindu dari berbagai daerah akan melakukan melasti setiap tahunnya. Nah, nantinya akan banyak program kepemudaan di bidang keagamaan. Dimana mereka akan saling membantu antar agama dalam berbagai kegiatan. Karena kita ingin semua agama bisa saling mendukung satu sama lain,” jelasnya.

Lanjut dia, meraka juga akan membina semua komunitas suku dan budaya di Konawe, dan mencarikan pos anggaran untuk menyelenggarakan festival budaya dari semua suku. “Nanti, kita akan mencari lokasi untuk mendirikan semua rumah adat dari berbagai suku. Kita juga akan melestarikan berbagai kebudayan seperti tari Janger, Reog Ponorogo, dan berbagai budaya lain. Intinya kami ingin masyarakat Konawe bisa hidup dalam bingkai kemajemukan,” pungkasnya. Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Berhijrah, H. Alauddin mengungkapkan, Berhijrah tetap menyuarakan program pembangunan yang beralaskan lima faktor utama. Yakni pendidikan, perekonomian, kesehatan, keagamaan, dan kebudayaan. Namun, mereka lebih mengharapkan terselenggaranya Pilkada yang damai, sebagai bukti nyata perkembangan demokrasi di Konawe.

Lanjut Ketua DPC PBB Konawe itu, pihaknya juga sedang menyiapkan tim pakar dalam rangka menghadapi debat publik, yang bakal dihelat oleh KPU Konawe. “Kalau visi misi, kita sudah punya. Hanya tinggal bagaimana mengkaji satu persatu, supaya jelas dan dapat diterima oleh masyarakat dengan mudah. Jadi, membutuhkan pakar dalam mengkaji itu semua, sekaligus melihat apa kelemahan visi misi kita, supaya diperbaiki,” bebernya. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top