Pariwara
Metro Kendari

Terobosan Pemkot Antisipasi Kemacetan, Jalan Diperlebar Jalur Baru Dibuka

Sulkarnain

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai ibu kota provinsi, Kota Kendari mengalami kemajuan paling pesat dibanding daerah lainnya di Sultra. Dalam bidang transportasi misalnya, pertumbuhan kendaraan begitu luar biasa. Bahkan lintasan harian kendaraan (LHR) meningkat dua kali lipat dalam dua tahun terakhir. Meski begitu, Pemkot Kendari masih optimis tak akan sama dengan kota lainnya yang begitu akrab dengan situasi macet di jam-jam tertentu. Keyakinan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Pasangan Adriatma Dwi Putra itu mengakui, jika saat ini wilayah baypass memang tampak macet di sore hari. Tapi itu, bukan kondisi yang akan berkelanjutan.

“Sebenarnya bukan macet, itu hanya kondisional saja. Karena di Pasar Baru lagi pembangunan jembatan, kemudian ada peningkatan jalan. Makanya pengendara hindari itu dan memilih lewat jalur baypass. Saya yakin jika pekerjaan sudah selesai maka akan kembali normal,” jelasnya. Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Kendari ini menambahkan, pemerintah sudah melakukan banyak terobosan untuk mengantisipasi ancaman macet itu. Diantaranya, dengan membuka jalur baru dan memperlebar jalan yang ada.

“Ring road itu salah satu tujuannya untuk mengatasi tumpukan kendaraan dalam kota. Kita berkomitmen melanjutkan pembangunannya sampai tuntas, tahun ini kita aspal. Selain itu, juga ada jalur baru di Tabanggele. Intinya apa yang baik untuk kemaslahatan masyarakat saya dengan Pak wali akan melanjutkan itu,” paparnya. Sisanya kata dia, tinggal menata arus lalu lintas dengan bekerja sama melibatkan banyak pihak. Misalnya pengaturan jalur satu arah dan lainnya. “Jalur koordinasi kita dengan aparat di perhubungan, kepolisian tetap kita buka terus,” sambungnya.

Ke depan lanjut dia, sudah menyiapkan satu kebijakan baru yang dinilai sebagai solusi transportasi perkotaan. Hanya saja, belum ingin membuka itu ke publik. Saat ini masih dalam pengkajian. “Saya sama Pak wali (Adriatma,red) sudah membahas bagaimana transportasi. Insya Allah kita punya solusinya, tapi saya belum bisa sampaikan sekarang. Tunggu saja,” ungkapnya. Lebih jauh dia menjelaskan, Kota Kendari akan terus ditata agar semua warga, baik pejalan kaki maupun berkendaraan tetap nyaman. Dia juga yakin hingga beberapa tahun ke depan, Kota Lulu masih bebas macet. “Kita akan terus mencari terobosan supaya tidak macet. Meningkatnya jumlah transportasi tidak bisa dihambat, makanya tinggal sarana jalannya yang kita carikan solusi,” imbuhnya. (b/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top