Pariwara
Metro Kendari

Rutan Kendari Wajibkan Warga Binaan Muslim Bisa Mengaji

Warga binaan rutan Kendari mengaji. Dok/KP

KENDARIPOS.CO.ID — Warga binaan muslim di Rutan Kelas II A Kendari mesti melek Alquran. Fasih membaca ayat-ayat Alquran diwajibkan. Bagi warga binaan yang tak bisa mengaji dipastikan tidak bakal dapat Cuti Bersyarat (CB) dan Pembebasan Bersyarat (PB). Kepala Rutan Kelas II A Kendari, Andy Gunawan menerapkan syarat tambahan itu sebagai upaya pembinaan yang baik kepada warga binaan. Menurut Andy, fasih membaca Alquran sangat penting, karena ini adalah salah satu metode pembinaan yang masuk dalam visi Kemenmkumham Sultra. Syarat tambahan itu juga diterapkan dalam hal pemberian remisi warga binaan. ” Pokoknya kita motivasi warga binaan agar ketika mereka bebas, sudah bisa membaca Alquran,” ujar Andy Gunawan kepada Kendari Pos, Selasa (10/4/2018).

Pengurusan CB dan PB kata dia berlaku pada semua narapidana yang telah menjalani dua per tiga dari masa hukumannya. Pengurusan ini adalah hak setiap warga binaan sesuai dengan yang diatur dalam UU Nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Bagi warga binaan yang bersatus narapidana dan memenuhi syarat bisa mendapatkan pembebasan bersyarat (PB) atau cuti bersyarat (CB).

Andy Gunawan menambahkan penerapan syarat bisa baca Alquran itu diterapkan sejak tahun lalu saat bulan suci Ramadan. Nah, pada tahun ini, dia tetap menerapkan syarat tambahan ini. Apalagi ini mendekati bulan suci ramadhan. Dia mengharapkan, dengan hal seperti ini, maka semua warga binaan dapat termotivasi untuk belajar. (ade/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top