Pariwara
Politik

KPUD Konawe : KTP-el dan Suket Jadi Syarat Memilih

KTP elektronik. Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Masa tanggapan masyarakat atas daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 telah berakhir tanggal 7 April lalu. Bagi warga yang belum terdaftar, tak perlu khawatir. Sebab dengan berbekal kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) atau surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, mereka tetap bisa menyalurkan hak pilihnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, Muhammad Azwar mengatakan masa penerimaan tanggapan sudah selesai yang dimulai sejak 2 sampai 7 April. Saat ini, seluruh tanggapan yang masuk akan dibahas melalui sidang pleno, mulai dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sampai ke tingkat KPU.

“Semuanya sudah terjadwal, nanti kita umumkan setelah pleno KPU. Jika sampai penetapan DPT, mereka tidak terdaftar maka yang bersangkutan bisa langsung datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih. Syaratnya mereka harus membawa E-KTP dan atau Suketnya,” kata Azwar kepada Kendari Pos, Selasa (10/4/2018).

Tanggapan masyarakat kata Koordiantor Divisi Program dan data pemilih KPUD Konawe, tidak hanya dimaksudkan untuk menjaring warga yang belum terdata. Namun juga mengantisipasi adanya pemilih ganda, pindah domisili, meninggal dunia hingga pemilih yang baru saja berumur 17 tahun. Hal ini bertujuan agar warga yang memiliki hak pilih bisa menyalurkan suaranya.

“Data-data ini selanjutnya akan divalidasi panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Dalam proses ini, kami turut melibatkan Disdukcapil. Makanya, kalau ada kendala, kita tuntaskan saat itu juga. Setelah diverifikasi, hasilnya akan diplenokan di tiap tingkatan sebelum direkap KPU Konawe,” jelasnya. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top