Pariwara
Politik

Jelang Penetapan DPT, KPUD Konut Sinkronisasi Data

Komisioner KPUD Konut, Masmudin

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sultra tinggal menyisahkan beberapa bulan lagi. Persoalan data pemilih masih menjadi pekerjaan rumah penyelenggara Pemilu ditingkat kabupaten. Kemarin, (10/4), KPUD Konut bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mengadakan sinkronisasi data penduduk. “Yang kita sinkronisasikan ada beberapa data pemilih yang ganda. Baik ganda nama, nomor induk kependudukan (NIK) maupun ganda NIK dengan orang yang berbeda. Makanya ini yang kita sinkronkan dengan Disdukcapil,” ujar Komisioner KPUD Konut, Masmudin, Selasa (10/4/2018)

Menurut komisioner dua periode itu, terdapat data pemilih yang belum mengantongi NIK. Dalam artian pemilih belum melakukan perekaman KTP-el. “Itulah yang kita rapatkan dengan Disdukcapil. Oleh sebab itu Disdukcapil sudah berkomitmen akan menuntaskan persoalan tersebut untuk melakukan perekaman langsung dilapangan,”sambungnya.

Mantan Ketua KNPI Konut itu menambahkan perekaman KTP-el akan dilangsungkan oleh Disdukcapil mulai dari Kecamatan Molawe, Lasolo, Laskep dan Wawolesea. Perekaman itu akan dilangsungkan mulai tanggal 12 April 2018. “Tetapi tidak menentu kemungkinan di Kecamatan Lembo, Sawa dan Motui. Termasuk Langgikima, Landawe dan Wiwirano. Tetapi untuk tiga kecamatan yakni Andowia, Asera dan Oheo akan dipusatkan dikantor Disdukcapil Konut. Yang jelas Disdukcapil sudah berkomitmen akan melakukan perekaman bagi warga yang belum melakukan perekaman KTP-el,”ujarnya.

Masmudin menambahkan warga yang belum mengantongi KTP-el terbagi dua yakni untuk jumlah pemilih belum KTP el sebanyak 2531 orang. Sedangkan untuk jumlah belum dipastikan KTP-eL sebanyak 2659 orang. “2531 ini sudah dilakukan perekaman yang ditandai dengan pemberian surat keterangan. Sementara 2659 orang itu sebagian sudah ada yang merekam selebihnya belum berdasarkan catatan Disdukcapil. Inilah yang akan dituntaskan oleh Disdukcapil,”ujarnya

Sementara untuk penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Konut baru akan dilangsungkan pleno pada 19 April nanti. Sementara pleno DPSHP ditingkat PPK akan dilangsungkan pada tanggal 11-12. “Jadi tahapan sementara itu. Untuk pleno DPT kita akan ambil pada tanggal 19 April,”pungkas Masmudin. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top