Pariwara
Konawe Kepulauan

Ambruknya Pelabuhan Nipa-nipa di Konkep, Kerugian Negara Mulai Dihitung

Andi Muhamad Lutfi

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan masyarakat di Kecamatan Wawonii Utara untuk menikmati sarana penghubung Pelabuhan Nipa-nipa di tahun ini pupus. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) sudah merekomendasikan pada pihak pelaksana agar perbaikan pengerjaan pelabuhan Nipa-nipa pasca ambruk sejak Februari lalu, dihentikan. Alasannya, batas pengerjaan proyek yang menghabiskan anggaran sekira Rp 3,4 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) sudah berakhir sejak Desember 2017 lalu.

Wakil Bupati (Wabup) Konkep, Andi Muhamad Lutfi, membenarkan, jika pengerjaan pelabuhan Nipa-nipa di Desa Tumburano, Wawonii Utara sudah dihentikan. Saat ini Pemkab Konkep menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara ( Sultra), untuk memastikan berapa kerugian negara yang ditimbulkan akibat robohnya pelabuhan tersebut.

“Saat ini Pemkab Konkep juga sudah membentuk tim untuk menghitung kerugian negara dari proyek yang melekat di Dinas Perhubungan. Ada tim teknis dan hukum. Sarana penghubung Nipa-nipa dapat dirampungkan sejak akhir 2017 lalu. Namun pada Februari 2018 terdapat beberapa bagian bangunan dermaga yang mengalami kerusakan. Pihak kontraktor bersedia melakukan perbaikan. Karena itu masih tahap proses pemeliharaan. Tapi Pemkab memutuskan untuk dihentikan pengerjaanya sambil menunggu hasil audit BPK Perwakilan Sultra,” urai Konkep-2 itu.

Untuk diketahui pelabuhan Nipa-nipa ambruk sejak 26 Februari lalu. Bupati Konkep, H. Amrullah sudah melakukan peninjauan lokasi untuk mencari tahu penyebab rusaknya proyek yang dikerja PT RIP. (b/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top