Pariwara
Kolaka Utara

Tanah Bersertifikat di Kolut Masih Potensi Sengketa

SERTIFIKAT : Warga Kolut diminta agar mengurus hak kepemilikan tanahnya agar dapat dilindungi undang-undang. Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Tanah yang sudah memiliki sertifikat kepemilikan klaster 4 (K4) tetap akan dilakukan pengukuran oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kolaka Utara (Kolut). Hal tersebut untuk perbaikan informasi peta lokasi dalam menghindari sengketa yang memungkinkan terjadi di kemudian hari, jika ada perselisihan menyangkut batas-batas kepemilikan.

Kepala BPN Kolut, Suangto, menjelaskan, hingga pengujung tahun ini setidaknya terdapat 4.500 bidang tanah yang ditargetkan untuk penerbitan sertifikatnya. Namun, yang akan terealisasi bisa saja hanya 3.000 bidang. “1.500 objek lainnya menunggu tahun depan,” ujar Suangto, Senin (9/4).

Dari 3.000 bidang yang bakal diterbitkan sertifikatnya, 1.500 lainnya berstatus K2 atau tanah bersengketa hingga dicatat dalam buku tanah, K3 yang sebelumnya status subjek tanahnya belum memenuhi syarat serta K4, bersifat perbaikan informasi pada peta. “3.000 sertifikat rampung akhir tahun ini. Sedangkan yang berstatus K4 tetap diukur untuk pembuatan peta tunggal di masing-masing desa guna menghindari sengketa,” ujarnya.

Terkait biaya penerbitan sertifikat memang ada berdasarkan surat keputusan (SK) tiga menteri yakni Menteri Dalam Negeri, Agraria dan Kementerian Desa Tertinggal. Hal itu ditegaskan untuk mengantisipasi munculnya indikasi pungutan liar yang tidak melebihi limit Rp 350 ribu. “Rp 350 ribu dana prasertifikasi dan sertifikasi itu yang gratis,” terang Suangto. Ia mengimbau warga Kolut agar mengurus hak kepemilikan tanahnya karena akan dilindungi undang-undang. Tentunya, juga untuk mendapat legitimasi dari pemerintah dalam menghindari saling caplok atau klaim kepemilikan. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top