Pariwara
Konawe Selatan

Surunuddin Hadiri Perayaan Dharma Santi

PHDI : Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kiri) menyalami para pemuka agama Hindu saat menghadiri Dharma Shanti dalam rangkaian perayaan Hari Nyepi. Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Majelis organisasi umat Hindu Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) baru saja menggelar perayaan Dharma Santi (silaturahmi) tingkat daerah. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga didampingi Ketua DPRD, Irham Kalenggo turut hadir dalam kegiatan keagamaan di Balai Pasraman Saraswati, Desa Ranombayasa, Kecamatan Mowila.

“Rangkaian perayaan Nyepi tahun ini tentu sangat istimewa bagi umat Hindu. Apalagi bertepatan dengan hari suci Saraswati yang diartikan sebagai momen silaturahmi antar umat beragama. Perayaan Dharma Santi ini adalah upaya pembersihan diri dan alam semesta. Umat Hindu diajak menyadari pentingnya pendidikan untuk mencapai kemuliaan hidup atau Vidya Dhanam, Sarwadhana Pradanham bahwa pengetahuan adalah kekayaan tertinggi. Bagi umat Hindu, ini tantangan global yang mengharuskan semakin cerdas, kreatif, inovatif dalam merespon perubahan. Utamanya pada anak-anak kita dan generasi muda yang akan menentukan masa depan,” papar Surunuddin.

Bupati Konsel berharap, momentum perayaan Dharma Shanti dan Hari Suci Nyepi dapat mempersatukan seluruh masyarakat dari berbagai perbedaan. “Selamat perayaan Dharma Santi dan Hari Suci Nyepi, semoga kegiatan ini mampu menyatukan kita dengan perbedaan yang merupakan bukan penghalang untuk hidup saling menghormati, tolong menolong dan membangun solidaritas sosial yang kokoh. Semua perbedaan tidak harus diseragamkan atau ditiadakan, tapi justru diikat oleh kesadaran kuat bahwa kita adalah saudara sedaerah, sebangsa dan setanah air. Kita harus meyakini bahwa dengan bersatu dalam menghadapi kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan akan menjadikan Konsel yang kita cintai mampu berdiri sejajar dengan wilayah maju lainnya dan menciptakan masyarakat religius serta sejahtera sehingga terwujud Desa Maju Konsel Hebat,” bijak Surunuddin.

Ketua PHDI Konsel, I Gusti Adisuwantara, mengatakan, setiap dua tahun sekali usai melaksanakan melasti, kegiatan tersebut digelar. “Ini semua juga berkat dukungan Pemkab Konsel dan para donatur sehingga acara ini berjalan sukses. Semoga kegiatan ke depan bisa lebih baik lagi. Keberadaan umat Hindu merupakan komunitas yang tidak bisa terpisahkan dari Konsel. Kami akan turut membantu memajukan pembangunan dan ikut menyukseskan program kerja pemerintah,” jelasnya.

Disela-sela kegiatan, Surunuddin juga menyerahkan secara simbolis bantuan dana hibah untuk kegiatan keagamaan umat Hindu sebesar Rp 50 juta. “Ini program kerja kami bersama Wakil Bupati, Arsalim Arifin untuk menjadikan umat beragama di Konsel berkualitas, amanah dan religius dengan memberikan kedamaian dan kesejahteraan buat kita semua,” timpal Surunuddin. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top