Pariwara
Politik

Sebaran Kursi Dapil Butur Pemilu 2019 Berubah

KENDARIPOS.CO.ID — Sebaran kursi daerah pemilihan (Dapil) DPRD Buton Utara (Butur) pada Pemilu 2019 mengalami perubahan. Untuk dapil I yang sebelumnya hanya 5 kursi kini bertambah menjadi 7 kursi. Hal ini disebabkan Kecamatan Kulisusu Barat yang pada Pemilu 2014 lalu masuk Dapil III kini masuk ke Dapil I. Dengan adanya perubahan itu, secara otomatis alokasi kursi di Dapil III yang tinggal menyisakan Kecamatan Kulisusu ini berkurang menjadi 8 kursi.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Butur, Alwi mengatakan proses pemetaan Dapil dan sebaran kursi DPRD Butur telah rampung. Draft usulan pembagian Dapil sudah diputuskan KPU RI melalui surat bernomor 291/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018. Dalam surat yang ditandatangani Ketua KPU RI Arief Budiman dan Sekretariat Jenderal KPU RI melalui Kepala Biro Hukum Sigit Joyowardono, kuota kursi DPRD Butur tidak berubah yakni 25 kursi. Hanya saja, sebaran kursi yang mengalami perubahan.

“Putusan KPU RI telah ditetapkan tanggal 4 April lalu. Surat ini akan menjadi rujukan KPUD Butur dalam memetakan kursi DPRD pada Pemilu 2019. Secara umum, pembagian Dapil tidak terlalu banyak yang berubah. Hanya Kulisusu Barat yang pindah dari Dapil III ke I. Sementara Dapil II tidak mengalami perubahan,” jelas Alwi senin (9/4).

Pada Pemilu 2019, alokasi kursi Dapil I menjadi 7 kursi meliputi Kecamatan Kambowa, Bonegunu dan Kilususu Barat. Dapil II tetap 5 kursi mencakup Kecamatan Kulisusu Utara dan Wakorumba Utara. Sementara Dapil III kini tersisa Kecamatan Kulisusu dengan 8 kursi. Jumlah ini berkurang dari Pemilu 2014 lalu yakni 10 kursi.

Penetapan alokasi dan komposisi kursi Dapil Butur kata dia, mempertimbangkan sejumlah aspek. Seperti jumlah penduduk, letak geografis, wilayah hingga kondisi sosialnya. “Aspek yang menentukan dari perubahan komposisi dapil adanya penambahan jumlah penduduk di Buton Utara. KPU Butur hanya sebatas mengusulkan. KPU RI yang menetapkan,” tandas Alwi.

Di Muna Barat (Mubar), alokasi kursi DPRD hanya 20 kursi yang dibagi menjadi 3 Dapil. Dapil I meliputi Kecamatan Kusambi, Napano Kusambi dan Sawerigadi. Untuk Dapil II mencakup Kecamatan Barangka, Lawa, Tiworo Selatan dan Wadaga. Sementara Dapil III yakni Kecamatan Maginti, Tiworo Kepulauan dan Tiworo Tengah.

Komisioner KPUD Mubar, Awaluddin Usa mengatakan pemetaan Dapil dan alokasi kursi DPRD Mubar didasari putusan KPU RI. Penetapan Dapil dan kursi diputuskan secara bersamaan dengan seluruh kabupaten/kota di Sultra.

Saat presentase di KPU RI, ada dua opsi yang diajukan yakni 3 dan 4 Dapil. Namun pada pembahasan, opsi 3 Dapil yang disepakati. Opsi yang diusulkan ke KPU RI merupakan hasil pembahasan bersama KPU dengan pemangku kepentingan seperti Parpol, tokoh masyarakat hingga Pemkab Mubar.

“Opsi 3 Dapil memang yang paling ideal untuk Muna barat sesuai dengan prinsip prinsip penyusunan Dapil yakni kesetaraan suara, sistem pemilu yg proporsional, proporsional, integritas, kohositivitas dan conterminus,”pungkasnya. (b/had/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top