Pariwara
Buton

Optimalkan Pembangunan Sektor Pariwisata, Pemkab Buton Siapkan Rp 2,45 Miliar

La Bakry

KENDARIPOS.CO.ID — Plt Bupati Buton, La Bakry ingin memaksimalkan semua potensi yang ada di otoritanya. Tahun ini, sektor pariwisata menjadi salah satu yang menjadi prioritas dikembangkan. Tak tanggung-tanggung, anggaran sebesar Rp 2,45 miliar disiapkan untuk itu. “Buton memiliki banyak potensi wisata. Makanya, kita akan kembangkan supaya bisa menjadi sumber pemasukan baru bagi daerah,” ungkap La Bakry, Senin (9/4/2018).

Lebih teknis, pengembangan pariwisata disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Buton, Zainuddin Napa. Kata dia, Pemkab Buton memiliki anggaran cukup besar guna menujang penataan kawasan wisata yang tersebar di Buton, khususnya di Kecamatan Wabula. “Anggarannya siap Rp 2,45 miliar. Nanti digunakan untuk pembangunan puluhan unit gazebo di bibir Pantai Topa Desa Wabula dan 29 unit di Desa Wasampela, Kecamatan Wabula Kabupaten Buton,” jelasnya, kemarin.

Zainuddin Napa menjelaskan, selain pembangunan gazebo di dua desa tersebut, pihaknya juga akan membangun jalan setapak sepanjang 500 meter guna menghubungkan gazebo satu dengan yang lainnya khusunya di Desa Wabula. “Kita juga akan bangun jalan setapak, guna menghubungkan gazebo yang satu dengan lainnya,”ucapnya.

Pembangunannya, lanjut dia akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Sekarang sudah masuk proses lelang. “Jika lelangnya selesai bulan ini, setelah itu pengerjaannya sudah bisa dimulai. Intinya akan terbangun di tahun, infrastruktur penunjang pariwisata,” ungkapnya. Zainuddin merincikan bahwa, anggaran pembangunan 25 gazebo di Pantai Topa menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1 miliar. Sedangkan pembangunan 29 gazebo di Desa Wasampela mengunakan DAK dan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 1,450 Milliar. Untuk pembangunan jalan setapak drngan lebar dua meter dan panjang 500 meter menggunakan anggaran DID sebesar Rp 150 juta. “Kita bangun gazebo menggunakan anggaran dari DAK dan DID, dengan ukurannya 3 X 3 meter sedangkan jalan setapak itu 2 X 500 meter,” tutupnya. Dia berharap, kalau infrastruktur pariwisata tertata bisa menarik wisatawan. (b/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top