Pariwara
Politik

Kursi DPRD Sultra dan Baubau Tak Berubah

Dian Anggraeni

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi disetiap daerah di Indonesia, termasuk Sultra. Hasilnya, alokasi kursi DPRD Sultra tak mengalami perubahan. Dalam salinan putusan KPU RI, kursi legislatif Sultra tetap 45 kursi.

Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo Banne mengatakan penetapan dapil DPRD Sultra menjadi domain KPU RI sebagimana amanat UU Nomor 7 tahun 2017. Makanya, putusan tersebut akan ditindaklanjuti. Dari putusan itu, kursi DPRD Sultra tetap sama. Namun di beberapa daerah, ada pergeseran kursi di beberapa Dapil.

“Jumlah kursi DPRD Sultra Pemilu 2014 maupun 2019 tidak berubah. Hanya saja ada pergeseran kursi di beberapa dapil, seperti di Kota Kendari karena perubahan jumlah penduduk. Tetapi total jumlah kursi DPRD Kota Kendari tetap 35 atau sama dengan pada Pemilu 2014,” jelasnya kepada Kendari Pos, Senin (9/4).

Dalam salinan keputusan tersebut, KPU RI menetapkan jumlah kursi DPRD kabupaten/kota. Kolaka, Konawe dan Muna masing-masing 30 kursi. Untuk kabupaten Buton, Bombana, Wakatobi, Kolaka Utara (Kolut), Kolaka Timur (Koltim), Buton Tengah (Buteng), Buton Utara (Butur) dan Baubau sebanyak masing-masing 25 kursi. “Terbanyak yakni Konawe Selatan (Konsel) dan Kendari yakni 35 Kursi. Sementara Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan, Muna Barat dan Buton Selatan (Busel) hanya 20 kursi,” rincinya.

Menurutnya, proses penetapan dapil ini telah dilaksanakan secara berjenjang. Dimulai dengan konsultasi publik tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi dan sebelum diputuskan juga telah melalui forum konsultasi dengan DPR RI melalui rapat dengan pendapat (RDP) antara KPU RI bersama Komisi II DPR RI.

KPUD Kota Baubau telah menerima hasil keputusan KPU RI tentang pembagian Dapil. Pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) 2019 mendatang, Kota Baubau dibagi dalam tiga Dapil.

“Pembagian Dapil di Kota Baubau sida ada. vSeluruhnya termuat dalam SK nomor 291/PL.01.3-KPT/06/KPU/IV/2018 tentang penetapan Dapil dan alokasi kursi DPR provinsi dan DPRD Kabupaten Kota di wilayah Provinsi Sultra,” kata Ketua KPUD Kota Baubau, Dian Angraini saat ditemui Senin (9/4).

Sebenarnya, lanjut dia, pengumuman tetang Dapil tersebut telah ada sejak 4 April 2018. Hanya saja, pihaknya baru menerimanya beberapa hari lalu. Itu pun baru sebatas file. Sehingga untuk memastikan hasil fisiknya, pihaknya akan membukanya di webside KPU RI. “Yang kita terima seni (9/4) baru sebatas file. Untuk fisiknya akan kita cek di webside KPU,” ucapnya.

Tiga Dapil yang telah diatur dalam SK tersebut lanjut dia, memuat keseluruhan delapan Kecamatan yang ada di Kota Baubau. Dapil I meliputi tiga kecamatan yaitu, Betoambari, Murhum dan Batupoaro. Dapil II mencakup Kecamatan Wolio. Dapil tiga meliputi empat kecamatan yaitu, Bungi, Kokalukuna, Lea-Lea dan Sorawolio.

“Total ketiga Dapil itu menyediakan 25 kursi. Dapil satu sebanyak 11 kursi, Dapil dua tujuh kursi dan dapil tiga tujuh kursi,” terang wanita berhijab itu.

Dengan telah keluarnya pembagian Dapil tersebut, lanjut dia, pihaknya akan melajutkanya ke masing-masing Partai Politik (Parpol) yang lolos sebagai peserta pemilih 2019. “Selajutnya kita akan komunikasikan ke masing-masing Parpol peserta Pemilu. Untuk di Kota Baubau, yang lolos ada 15 Parpol,” pungkasnya. (b/wan/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top