Pariwara
Politik

KPU Minta Pemasangan APK di Luar Zona Ditertibkan

Alat peraga kampanye berupa baliho pasangan calon gubernur yang terletak di jl. Ir H. Alala, By Pass, Kendari, Selasa (3/4). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemasangan alat peraga kampanye pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sultra di Kota Kendari masih terkesan semrawut. Di sejumlah titik, atribut kampanye seperti baliho, spanduk hingga umbul-umbul dipasang seadanya. Padahal Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kendari telah membagi titik pemasangan APK agar lebih tertib.

Ketua KPU Kota Kendari, Ade Suerani tak menepis hal itu. Hanya saja, di beberapa lokasi pemasangan APK sudah sesuai aturan. Makanya, pihaknya meminta tim kampanye paslon untuk mencabut APK yang dipasang di luar zona maupun yang tidak sesuai ketentuan.

“Sebelum-sebelumnya, kami (KPU) sudah menerima rekomendasi panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kendari. Terhadap laporan itu, kami sudah tindaklanjuti dan menyampaikannya ke tim kampanye untuk dipasangan sesuai lokasi yang ditentukan,” kata Ade Suerani saat ditemui di kantor KPU Kota Kendari, senin (9/4).

Di Kendari lanjutnya, titik pemasangan APK cagub dan cawagub tersebar di 11 kecamatan dengan 64 kelurahan. Titik pemasangan APK ditempatkan di lokasi yang strategis. Hal ini dimaksudkan agar mudah terlihat ketika lalu lalang di jalan tersebut.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan terus melakukan pemantuan atribut kampanye. Tidak hanya memastikan APK tersebut masuk zonasi, namun juga menghitung jumlah APK. Apakah sesuai PKPU? Sesuai aturan, 5 baliho per kabupaten/kota. Kemudian, umbul-umbul sebanyak 20 per kecamatan dan spanduk 2 per kelurahan.

Dari jumlah tersebut juga bisa ditambah oleh paslon 150 persen. Melalui panwascam telah melakukan audit APK setiap minggu baik jumlah maupun lokasi pemasangan. Untuk titik pemasangan, putusan KPU hanya menyebut jalan sehingga Panwas tidak mempermasalahkan APK terpasang di sepanjang jalan.

“Panwascam tengah mengaudit. Kalau terdapat APK yg tidak sesuai lokasi pamasangan maupun jumlah, kami akan melalukan teguran kepada paslon maupun tim kampanye untuk menurunkan 1×24 jam. Kalau tidak juga dilaksanakan maka kami bekerja sama dengan satpol PP akan menurunkan APK yang tidak sesuai lokasi maupun jumlah (sesuai PKPU 4/2017 tentang kampanye),” jelasnya.(b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top