Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Gaet Anggota, BPJS Ketenagakerjaan Kendari Sasar Pedagang

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memperluas jangkauan kepesertaan, tidak lagi sebatas tenaga kerja di perusahaan. Teranyar, BPJS menyasar pedagang pada sejumlah pasar-pasar di Kota Kendari, untuk menjadi anggota. Senin (9/1), Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari, Asnar telah menandatangani Memorandum of understanding (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan, sebagai tanda dimulainya kepesertaan untuk para pedagang Kota Kendari yang bertempat di kantor PD Pasar di Kelurahan Punggolaka.

Kepala Cabang BPJS Kota Kendari, La Uno mengatakan, pihaknya melaksanakan MoU dengan PD Pasar Kota Kendari untuk melindungi dan memberikan jaminan sosial pada para pedagang yang ada di kota Kendari.
Dimana, jaminan yang dimaksud meliputi jaminan kecelakaan kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT),

“Kami ingin berikan perlindungan pada para pedagang yang ada di Kota Kendari. Tujuannya, di saat mereka sedang melakukan aktifitasnya sebagai pedagang dan tanpa diminta, terjadi kecelakaan kerja, maka mereka bisa mendapat pertolongan atau perawatan di rumah sakit. Kita lakukan dengan PD Pasar, karena yang kelola data pedagang itu, mereka (PD Pasar-red). Sekitar 75 persen di kelola oleh PD Pasar,” katanya, Senin (9/4) kemarin.

Menurut La Uno, setiap pekerja wajib mendapatkan jaminanan sosial dan para pedagang termasuk dalam kategori pekerja. Harapannya, dengan kerjasama tersebut, keinginan pedagang untuk masuk sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sangat besar. Katanya, untuk memberikan pemahaman pada pedagang, BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan sosialisasi pad aara pedagang.

Dia menjelaskan, ada tiga program yang jadi cakupan BPJS Ketenagakerjaan yakni JKK, JKM dan JHT. Nantinya, para pedagang masuk peserta mandiri karena tidak ada bantuan dari pemerintah. Murni berdasarkan kesadaran untuk melindungi diri mereka saat berdagang,” jelasnya.

Direktur PD Pasar Kota Kendari, Asnar menyambut baik kerjasama tersebut. Dia mengatakan, MoU yang ditandatangani merupakan awal yang baik untuk kerjasama antara para pedagang yang bernaung di bawah PD Pasar dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, sepengetahuannya, yang bisa menjadi anggota atau peserta hanyalah tenaga kerja di suatu perusahaan. Namun, ternyata persepsinya itu salah. Sebab, profesi pedagang termasuk yang tertanggung dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan kerjasama tersebut, lanjut dia, akan memberikan dampak positif bagi pedagang. Dia pun akan mengajak para pedagang untuk menjadi peserta. Menurutnya, jumlah pedagang yang bernaung di bawah PD Pasar sebanyak 2 ribu orang, sesuai data yang ada. Dimana, mereka tersebar di pasar basah Mandonga, pasar Kadia, pasar Baruga dan pasar Andounohu serta pasar Lapulu.

“Sekarang sesuai data yang kami pegang, ada sekitar 2 ribu pedagang. Mudah-mudahan, kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi pedagang, terutama saat mereka sedang melakukan aktifitas berdagang,” tutupnya. (Ind/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top