Pariwara
Kolaka

Antisipasi Sarden Bercacing, Dinkes Kolaka Sidak Swalayan

SARDEN : Jajaran Dinkes Kolaka ketika melakukan pengecekan terhadap produk ikan kaleng yang diduga mengandung cacing. Tak ditemukan adanya produk tersebut masuk di wilayah itu. Foto: Zulfadly/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Temuan makanan kaleng mengandung cacing pada sejumlah daerah oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) membuat Pemkab Kolaka melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan langkah antisipasi. Tujuannya, agar produk makanan kaleng yang dinyatakan mengandung cacing itu tak dijual atau beredar di Bumi Mekongga. Salah satu cara meningkatkan pengawasan, rutin melakukan inspeksi mendadak.

Kepala Seksi Farmasi, Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Dinkes Kolaka, James Paoganan, mengatakan, Dinkes Kolaka telah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah swalayan yang menjual bahan makanan untuk mencari produk dimaksud. Hasilnya, hingga kini pihaknya belum menemukan produk berbahaya tersebut.

Kata James, meskipun pihaknya belum menerima surat edaran dari BPOM terkaitnya maraknya pemberitaan sarden mengandung cacing, namun pihaknya tetap akan melakukan upaya pencegahan. Diketahui, merk makanan kaleng yang dikabarkan mengandung cacing tersebut berlabel Farmer Jack, IO serta HOKI. “Merk terlarang itu kami tidak temukan beredar di Kolaka. Untuk itu, kami minta masyarakat agar tak khawatir dan tetap tenang. BPOM juga telah memerintahkan importir untuk menarik semua produk Farmer Jack, IO dan HOKI,” ujarnya.

Agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, James juga mengimbau masyarakat agar lebih cermat dalam memilih produk pangan. “Sebelum membeli produk pangan, konsumen harus cek kemasan, label, izin edar dan tanggal kedaluwarsa,” pesan James. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top