Pariwara
Metro Kendari

62 Persen Siswa Ikut UNBK SMA dan MA di Sultra

Pj Sekda Provinsi Sultra, Hj. Isma (kiri) bertandang di salah SMA di Kota Kendari. Dia memantau jalannya UNBK hari pertama. Secara umum UNBK berjalan lancar. Tahun ini sekira 62 persen siswa ikut UNBK. Dikbud targetkan tahun depan mencapai 80 persen.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kini giliran Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah yang menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Itu dimulai sejak Senin (9/4/2018) pagi dan akan berakhir 12 April mendatang. Untuk memastikan jalannya pelaksanaan ujian itu, Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Sultra Hj. Isma memantau langsung di sejumlah sekolah. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, H. Damsid, Pj Sekda Hj. Isma melihat dari dekat siswa siswi SMAN 4 Kendari yang mengkuti UNBK. Selanjutnya para pejabat itu menyambangi SMAN 1 Kendari, SMAN 9 Kendari, SMAN 2 Kendari dan berakhir di SMAN 8 Kendari.

Kepala Dinas Dikbud Sutlra, H. Damsid mengungkapkan jumlah peserta yang mengikuti UNBK tahun ini baru sebanyak 62 persen. “Jumlah siswa SMA sederajat itu 35 ribu, tapi baru 20 ribu lebih yang UNBK atau 62 persen,” ujar H.Damsid disela-sela mendampingi Pj.Sekda Sultra Hj.Isma memantau pelaksanaan UNBK, kemarin.

Damsid berharap persentase sekolah peserta UNBK bisa meningkat menjadi 80 persen tahun depan. Sementara untuk kelulusan kata dia sudah tidak ditentukan lagi dari ujian nasional itu. “Mudah-mudahan tahun depan, pelaksanaan UNBK di Sultra sudah bisa mencapai 80 persen. Kalau soal lulus dan tidak itu kembali ke sekolah masing-masing, ” ungkap Damsid.

Sebelumnya, Pj.Sekda Sultra, Hj. Isma mengatakan dua hal yang paling dikhawatirkan selama jalannya ujian, yakni soal jaringan dan listrik. Menurutnya, hari pertama UNBK berjalan lancar. “Alhamdulillah UNBK hari ini berlangsung lancar. Minggu lalu UNBK tingkat SMK tidak ada masalah serius, kalau listrik padam, bisa diatasi dengan genset. Nah, hari ini saya melihat juga lancar,” ujar Hj.Isma. Sebagai informasi ada 175 SMA dan MA baik negeri maupun swasta di Sultra yang menggelar UNBK. Itu tersebar di 15 kabupaten dan kota di Sultra. Sementara Konkep dan Butur belum siap menggelar ujian serupa, karena terkendala sarana dan prasarana. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top