Pariwara
Buton Utara

186 RTLH di Butur Dibedah

Armin

KENDARIPOS.CO.ID – Rumah tak layak huni (RTLH) di Kabupaten Buton Utara (Butur), kembali benahi. Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman memastikan, sebanyak 186 kediaman warga Kecamatan Kulisusu dan Kulisusu Barat yang tak layak ditinggali, akan mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Satu kepala keluarga (KK) mendapatkan bantuan Rp 15 juta dalam bentuk buku tabungan.

Penyaluran bantuan itu akan disalurkan usai verifikasi kelayakan rumah tuntas. “Pembiayaannya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara. Rumah swadaya yang dibangun menjadi solusi penanganan rumah tak layak huni. Stimulan diberikan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam meningkatkan kualitas rumah serta prasarana, sarana dan utilitas umum,’ ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Butur, Armin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/4).

Armin mengungkapkan, program BSPS memiliki tiga kriteria bantuan objek untuk peningkatan kualitas (PK), pembangunan baru (PB), dan pembangunan prasarana. Rumah warga yang mendapat bantuan harus memenuhi sembilan kriteria ketidaklayakan. “Luas lantai perkapitanya kurang dari 7,2 meter persegi dan jenis atap rumah terbuat dari daun atau lainnya. Kemudian jenis dinding terbuat dari bambu, lantainya tanah, tak memiliki akses ke sanitasi layak, sumber penerangan bukan listrik, dan tak ada akses ke air minum layak,” terang Armin.

Mantan Kadis Pertambangan dan Energi Butur itu menuturkan, pihaknya tengah merampungan pendataan rumah tak layak huni (RTLH) di daerah itu. Data teranyar, ada 4.000 rumah dinyatakan tak layak untuk didiami dan rencananya bakal dibedah. Sayangnya, jatah rumah renovasi tahun ini hanya 186 unit. Kendati demikian, warga yang belum memiliki kediaman layak untuk ditempati tak perlu bersedih. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI akan menggelontorkan anggaran cukup banyak dan diproyeksikan membedah ribuan rumah di Butur tahun depan. “Tahun lalu jatah Butur 105 unit RTLH. Terjadi peningkatan pada tahun ini,” tandasnya. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top